Cuma di Daerah Ini, Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari, Mitosnya Bayi yang Lahir Jadi Hitam, Benarkah?

Cuma di Daerah Ini, Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari, Mitosnya Bayi yang Lahir Jadi Hitam, Benarkah?

Gerhana Matahari memunculkan mitos, Terutama bagi wanita hamil, karena bisa membuat bayi yang akan dilahirkan menjadi hitam.--

 

Cuma di Daerah Ini, Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari, Mitosnya Bayi yang Lahir Jadi Hitam, Benarkah?

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Fenomena Gerhana Matahari Hibrida memunculkan banyak mitos. Terutama bagi wanita hamil, karena bisa membuat bayi yang akan dilahirkan menjadi hitam.

Mitos ini muncul di kalangan masyarakat Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Berdasarkan informasi dari sejumlah warga, masyarakat Tanjung Batu dulunya sangat melarang wanita hamil untuk keluar menyaksikan Gerhana Matahari.

BACA JUGA:5 Dampak Gerhana Matahari Hibrida bagi Bumi, Nomor 5 Wajib Diketahui Para Orang Tua

"Karena kalau keluar dikhawatirkan akan berdampak pada anak yang akan dilahirkan," ujar Tina kepada SUMEKS.CO, Senin, 17 April 2023.

Menurut Tina, saat terjadinya Gerhana Matahari, wanita hamil di Kecamatan Tanjung Batu dulunya harus bersembunyi di bawah tempat tidur. Jangan sampai pandangannya terlihat adanya Gerhana Matahari.

Selain itu, mitos lainnya yang beredar di kalangan masyarakat Tanjung Batu, yakni, anak-anak tidak boleh keluar rumah pada saat terjadinya Gerhana Matahari. Karena, akan mengakibatkan kebutaan.

"Dulu, anak-anak sangat dilarang keluar rumah menyaksikan Gerhana Matahari, karena katanya bikin anak-anak buta," terang Udin, warga Tanjung Batu lainnya.

BACA JUGA:Rasulullah SAW Anjurkan Salat Saat Gerhana Tiba, Yuk Simak Hukum, Niat dan Tata Cara Shalat Gerhana di Sini

Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, saat ini wanita hamil dan anak-anak di Kecamatan Tanjung Batu selalu berbondong-bondong menyaksikan fenomena Gerhana Matahari. 

Terkait isu tersebut, dikutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menegaskan, tidak ada hubungan antara gerhana dengan ibu hamil atau sinar matahari yang berbahaya saat gerhana.

Karena, Gerhana Matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. Gerhana matahari total itu radiasi matahari tertutup oleh bulan tidak berbahaya sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: