Terkuak Oh Ini Alasan Kuyung Kadim Bangun Kursi Patah di Depan Masjid, Semula Pingin Bangun Patung Shio Kuda

Terkuak Oh Ini Alasan Kuyung Kadim Bangun Kursi Patah di Depan Masjid, Semula Pingin Bangun Patung Shio Kuda

Kursi Patah, bangunan ikonik terbuat dari kau unglen depan masjd Abdul Kadim yang baru diresmikan UAS.--

Terkuak Oh Ini Alasan Kuyung Kadim Bangun Kursi Patah di Depan Masjid, Semula Pingin Bangun Patung Shio Kuda atau... 

MUBA- SUMEKS.CO- Akhirnya terkuak, mengapa ikon Masjid Abdul Kadim yang diresmikan oleh Ustaz Abudul Somad (UAS) Rabu 12 April 2023 di Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) itu ikon bangunannya Kursi Patah.

Ya, semula sang pendiri ingin membangun patung kuda, singa atau burung. Karna banyak bangunan yang pintu gerbangnya di pajang hewan-hewan favorit, atau shio-shio pemiliknya.  

Menurut penuturan Sang Pendirinya Prof Dr H Abdul Kadim SE SH AK MM CA CPA  BKP CPMA CLI ACPA, itu karena masukan dari sejumlah kiyai dan ulama yang dia temui. 

Dirinya sebelumnya sudah menanyakan perihal apa yang cocok kepada sejumlah ustaz dan sejumlah kiyai. 

Bagaimana kalau di depan masjid dipasang atau dibangun semacam binatang, atau hewan seperti yang ada dalam shio-shio. 

Jawaban kiyai, tidak membolehkannya. ''Saya pingin pasang seperti kuda, atau binatang dalam shio. Tapi tidak diperkenankan oleh pra kiyai,''jelasnya.

Alasanya, takut disalah gunakan untuk kemudharatan. Karena pada jaman Nabi pernah dilarang karena menjadi atau mengarah kepada sesembahan selain Allah.

Setelah mendapat masukan itu, lantas Prof Dr Abdul Kadim yang senang dipanggil Kuyung Kadim ini mencari inspirasi lain. 

Dan sewaktu dia pergi ke Jenewa Swis, Kuyung Kadim mendapati sebuah bangunan Kursi Patah (broken chair). Kemudian Kuyung Kadim tersinpirasi, Kursi Patah yang dibangun di depan Gedung PBB Jenewa.

Setelah didiskusikan, akhirnya dia bertekad bulat membuat ikon Masjid yang didirikanya dengan ikon Kursi Patah di depan pintu masuk gerbang masjidnya. 

''Saya terinspirasi dari perjalanan ke Jenewa Swis ini,'' tambahnya saat pembukaan peresmian Masjid Abdul Kadim di Desa Epil Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba).

BACA JUGA:Ribuan Warga Saksikan Ustaz Abdul Somad (UAS) Resmikan Masjid Kuyung Kadim Sekayu Muba

Sekedar mengingatkan, Broken chair, patung monumental di Jenewa menurut informasi dirancang oleh seorah seniman ternama Swis. Namanya Daniel Barset. Selanjutnya dibangun oleh tukang kayu Louis Geneve.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: