Obati Kekecewaan Masyarakat, Indonesia Lobi FIFA Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Obati Kekecewaan Masyarakat, Indonesia Lobi FIFA Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Stadion GSJ JSC Palembang. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - FIFA sepertinya akan mengobati kekecewaan publik Tanah Air karena batalnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebagai gantinya, FIFA dikabakan akan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang.

Informasinya, Peru yang ditunjuk FIFA menggantikan Indonesia, mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Pemerintah Peru dikabarkan menolak untuk mengeluarkan anggaran lebih untuk renovasi Stadion Nasional, Lima, yang rencananya akan menjadi stadion utama Piala Dunia U-17 2023.

Pemerintah Peru lebih memilih mengalokasikan anggaran negaranya untuk membantu masyarakatnya yang menjadi korban bencana banjir, gempa bumi, dan penataan kembali kawasan yang paling rusak akibat bencana alam yakni Topan Yaku.

BACA JUGA:Indonesia Dicoret Tuan Tumah Piala Dunia U-20 2023, Pecinta Bola Protes, Erick Thohir: Sudah Berjuang Maksimal

Presiden Peru Dina Boluarte juga telah menyatakan Lima dan daerah sekitarnya dalam keadaan siaga Merah.

Hingga saat ini di Peru, hanya dua stadion yang dinilai telah siap. Yakni untuk Stadion Nasional Lima dan Stadion 25 de Noviembre. Sedangkan Stadion Piura dan Stadion Tacna, tidak bisa diselesaikan.

Nah, media terkemuka Eropa Sporting News mengklaim, alasan itu pula yang membuat FIFA sudah mempertimbangkan untuk mencari tuan rumah baru pengganti Peru.

Yang menjadi pertanyaan, apakah FIFA akan menunjuk Indonesia atau tidak, belum bisa dipastikan. Terlebih, FIFA baru saja membatalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jadi, semua tergantung FIFA.

Nah, PSSI melalui anggota Komite Eksekutif (Exco), Eko Setiawan, mengatakan pihaknya berupaya mengambil status tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

BACA JUGA:Soal Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Gubernur Sumatera Selatan Tunggu Kabar PSSI

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengobati perasaan masyarakat Indonesia yang terluka karena Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Tanah Air.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga dikabarkan memberi sinyal. Tapi, apakah itu Piala Dunia U-17 atau bukan, masih jadi tanda tanya.

“InsyaAllah, tahun ini, apa yang dianggarkan kemarin, renovasi Stadion Manahan yang sudah kami jalankan, tidak mubazir,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: