Korupsi Dana Covid-19, Mantan Kades Tanjung Ali Divonis 1 Tahun 8 Bulan Penjara

Korupsi Dana Covid-19, Mantan Kades Tanjung Ali Divonis 1 Tahun 8 Bulan Penjara

Sidang pembacaan putusan terdakwa M Jumadi di Pengadilan Tipikor PN Palembang, Rabu 29 Maret 2023. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Majelis hakim Tipikor Palembang menjatuhkan hukuman satu tahun delapan bulan penjara kepada M Jumadi, mantan Kades Tanjung Ali Kabupaten OKI, kerena terbukti korupsi dana bantuan COVID-19 tahun 2020, Rabu 29 Maret 2023.

Majelis hakim yang diketuai Editerial SH MH, menilai terdakwa M Jumadi telah memenuhi semua unsur tindak pidana korupsi melanggar Pasal 3 Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Selain pidana pokok, terdakwa M Jumadi yang sebelumnya dituntut jaksa Kejari OKI pidana 2 tahun penjara, juga dijatuhi pidana denda sebesar Rp50 juta subsider 4 bulan kurungan.

Hakim ketua Editerial SH, dalam pertimbangan amar putusan bahwa perbuatan terdakwa sebagaimana fakta persidangan terbukti tidak menyerahkan uang BLT dana COVID-19 kepada 181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp162 juta lebih.

"Selain itu menghukum terdakwa dengan wajib mengganti kerugian negara Rp162 juta, atau jika tidak dibayarkan ditambah dengan pidana 10 bulan penjara," tegas hakim ketua bacakan putusan pidana.

BACA JUGA:Selewengkan Dana COVID-19, Mantan Kades Tanjung Ali OKI Jadi Pesakitan

Atas vonis tersebut, terdakwa yang dihadirkan secara telekonferensi dengan diwakili penasihat hukum menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut.

Hal yang sama juga diberikan kesempatan waktu tujuh hari ke depan kepada Jaksa Kejari OKI, untuk menyatakan sikap terima atau banding terhadap putusan tersebut.

Diketahui dari dakwaan, bahwa terdakwa M Jumadi dijerat kasus korupsi terkait penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Tanjung Ali tahun 2020.

Di dalam dakwaan juga terungkap, dana BLT DD bantuan Covid-19 tersebut memang tidak disalurkan terdakwa, melainkan untuk kepentingan pribadi.

BACA JUGA:Berkas Dilimpahkan, Kades Pulau Borang Siap Disidang

Disinyalir, selain untuk keperluan pribadi juga ada beberapa dana yang juga turut mengalir ke kantong pribadi orang lain.

Terdakwa M Jumadi sebagai mantan Kades Tanjung Ali Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan, telah disangkakan oleh JPU Kejari OKI tidak menyalurkan kepada total 181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tanjung Ali saat pandemi COVID-19 merebak.

Sehingga berdasarkan audit kerugian negara lebih kurang sebesar Rp162 juta yang tidak menerima manfaat dari dana BLT-DD tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: