Volume Sampah di Kabupaten Ogan Komering Ilir Diprediksi Meningkat 3-5 Ton

Volume Sampah di Kabupaten Ogan Komering Ilir Diprediksi Meningkat 3-5 Ton

Ilustrasi--dok : sumeks.co

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten  Ogan Komering  Ilir (OKI) memprediksi volume sampah selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah mengalami peningkatan dari hari biasanya. 

"Sampah dibulan  puasa ini kita prediksi meningkat baik  sampah rumah tangga  maupun sampah pedagang. Peningkatan bisa mencapai 3-5 ton," kata kepala DLH Kabupaten OKI, Aris Panani SP MSi, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Hidayat SHut MSi.

Menurut dia, volume sampah meningkat salah satunya karena kebutuhan masyarakat selama Ramadhan meningkat. Termasuk adanya pedagang makanan yang berjualan dadakan. 

Hidayat mengungkapkan, setiap tahun terutama saat bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, volume sampah rumah tangga kerap mengalami peningkatan dibanding dengan hari-hari biasa sebelum Ramadhan. 

BACA JUGA:Jelang Ramadhan Masyarakat Kayuagung OKI Ziarah ke Makam Keluarga

"Untuk saat ini sampah pedagang lumayan bermunculan dibandingkan sampah rumah tangga," tegasnya, kepada SUMEKS.CO, Senin 27 Maret 2023.

Dijelaskan, volume sampah juga bakal meningkat hingga menjelang lebaran nanti dari sebelum puasa. Terutama sampah yang berasal dari rumah tangga. Adapun jumlah volume sampah setiap harinya mencapai 20 - 21 ton dibuang ke TPA Kayuagung. 

"Jadi selama puasa volume sampah meningkat bisa mencapai  25-27 ton dibandingkan hari biasa," terang Hidayat. 

Masih kata dia, volume sampah ini meningkat bukan hanya di Kabupaten OKI, tapi juga di semua daerah dipastikan volume sampah rumah tangga saat bulan ramadhan akan meningkat jumlahnya. 

BACA JUGA:Polres OKI Rilis Empat Pelaku Pembajakan Kapal Tagboat di Perairan Sungai Menang

Dijelaskannya, dengan adanya peningkatan volume sampah tersebut, tentu DLH Kabupaten OKI juga tetap akan berupaya untuk memaksimalkan dalam pengangkutan volume sampah di setiap pelanggan, dalam hal ini di rumah-rumah warga. 

"Kita imbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Baik rumah tangga maupun sampah milik pedagang," kata dia. 

Hidayat menambahkan, sangat diharapkan tidak terjadi penumpukan volume sampah. Meski begitu pihaknya juga berharap kepada masyarakat agar dapat bersabar jika memang dalam pengangkutan tumpukan sampah mengalami keterlambatan.

"Bagi masyarakat Kayuagung khususnya untuk berlangganan angkutan sampah silakan hubungi pihak kami kantor DLH di nomor kontak 081369213698," pungkasnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: