Semarak Ramadan Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu, Pompa Semangat Santri Supaya Tak Kendorkan Hafalan

Semarak Ramadan Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu, Pompa Semangat Santri Supaya Tak Kendorkan Hafalan

Para santri Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu Ogan Ilir saat menyetor hafalan kepada para pengajar mereka. -Foto : Hetty/Sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Memasuki bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah, aktivitas santri di Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu Kabupaten OGAN ILIR memang sedikit mengalami perubahan dari hari-hari biasanya.

Kendati demikian, para santri Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu tetap diberikan semangat untuk menyetor hafalan mereka setiap harinya.

Pengasuh Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu, Andriansyah mengungkapkan, selama bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah ini, jadwal setoran anak-anak dipindahkan menjadi pagi hari.

"Jadwalnya kita ubah menjadi hari Sabtu dan Minggu pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB," terangnya kepada SUMEKS.CO, Sabtu, 25 Maret 2023.

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Doa dan Zikir Akbar Bersama Ustadz Pais

Selain harus menyetor hafalan, anak-anak juga diajak untuk melakukan sholat dhuha bersama. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan pengetahuan pada anak-anak, bahwa pada saat berpuasa harus diisi juga dengan ibadah lain.

"Jadi pahalanya bukan hanya lewat puasa, melainkan juga sholat dhuha berjamaah," lanjutnya.

Menurut Andriansyah, jadwal mengaji anak-anak terpaksa diubah selama Ramadhan ini. Karena, akan mengganggu aktivitas tarawihan.

"Biasanya jadwal mengaji kita kan setiap malam, tapi karena bulan puasa takutnya mengganggu untuk tarawihan," katanya lagi.

BACA JUGA:Masjid Al-Falah Tanjung Batu Ogan Ilir, Dibangun Abad ke-13 oleh Patih Kesultanan Palembang

Saat ini, ditambahkan Andriansyah, sebagian besar santri Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu telah berhasil menghafalkan 1-3 juz Al-Quran. 

"Ada juga beberapa santri yang lebih menghafal dari 3 juz, tapi belum banyak," katanya.

Andriansyah menyebut, bahwa para pengajar Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu terus memberikan semangat supaya anak-anak cepat dalam menghafal Al-Quran.

Selain mengajak santri mengerjakan sholat dhuha berjamaah, Rumah Tahfidz Al-Falah Tanjung Batu juga melatih anak-anak untuk memanah. Tujuannya untuk melatih anak-anak supaya fokus mengerjakan sesuatu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: