1 Warga Binaan Lapas Kayuagung Terima Remisi Hari Raya Nyepi

1 Warga Binaan Lapas Kayuagung Terima Remisi Hari Raya Nyepi

Lapas Kelas IIB Kayuagung. --dok : sumeks.co

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO -  Perayaaan Hari Raya Nyepi, Warga Binaan Lapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel yang beragama Hindu mendapatkan remisi

Yakni 1 orang warga binaan ini atas kasus tindak pidana narkotika. Remisi untuk yang bersangkutan diberikan 1 bulan. 

"Tahun ini untuk warga binaan yang beragama Hindu ada 1 orang saja yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi Hari Raya Nyepi," ujar Kepala Lapas Kelas IIB Kayugaung, Reza Meidiansyah Purnama melalui Subseksi Registrasi dan Bimkemas, M Sugito, kepada SUMEKS.CO, Rabu 22 Maret 2023.

Diungkapkannya, untuk warga binaan yang menerima remisi ini diajukan terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Setelah memenuhi persyaratan baru disetujui oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. 

BACA JUGA:PIPAS Lapas Kayuagung Gelar Donor Darah Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59

Selanjutnya, ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) untuk yang bersangkutan menerima remisi. Dimana saat ini jumlah penghuni di Lapas Kayuagung ada sebanyak 987 orang. 

Terdiri dari 892 orang merupakan Warga Binaan dan ada sebanyak 95 orang merupakan tahanan. Sehingga totalnya sebanyak 987 orang. 

Dikatakan Sugito, remisi adalah pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada Narapidana yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2022 Remisi sendiri merupakan hak dari setiap warga binaan dengan persyaratan tertentu yakni berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, dan telah menunjukkan penurunan tingkat resiko," jelasnya. 

BACA JUGA:Blok Hunian Warga Binaan Lapas Kayuagung Dirazia Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59

Ditegaskan Sugito, remisi yang diperoleh merupakan Nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa, yang mana harus disyukuri dengan cara memperbaiki diri yakni selama menjalani sisa masa pidana.  

Bertujuan agar para WBP terus menjaga keamanan dan ketertiban dalam Lapas. Terpenting meningkatkan kedisiplinan dalam mengikuti setiap kegiatan pembinaan di dalam Lapas.

"Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, semoga semua makhluk berbahagia dan sejahtera," tutup Sugito. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: