Musik Mampu Lawan Narasi Terorisme, ASIK BANG Tahun 2023 Perdana di Kupang

Musik Mampu Lawan Narasi Terorisme, ASIK BANG Tahun 2023 Perdana di Kupang

Festival Asik Bang tahun 2023 mulai digelar perdana di kota Kupang.-foto:doksumeksco-

KUPANG, SUMEKS.CO-  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme menggelar ASIK BANG perdana tahun 2023 di Kota KUPANG.Festival musik anak bangsa itu diikuti 18 grup musik dan perseorangan dipusatkan di Universitas Nusa Cendana, KUPANG, Kamis 16 Maret 2023.

‘’Propaganda radikalisme dan terorisme di era globalisasi harus kita lawan. Anak muda bangsa ini dibutuhkan untuk itu,’’ kata Kasubdit Afrika Asia Pasifik Kolonel (Sus) Harianto, S.Pd., M.Pd.

ASIK BANG, salah satu cara sosialisasi BNPT dan FKPT memperkuat semangat kebangsaan, ajang silaturahmi bagi masyarakat muda NTT. Menurut Harianto, ada indikasi pemicu radikalisme radikalisme teorisme karena kurang berkumpul bersinergi.

BACA JUGA:VIRAL! Pasangan Pengantin di Musi Rawas Rela Arungi Banjir Demi Akad Nikah

Apalagi orang tidak menyukai seni dan budaya atau kearifan lokal terutama musik. .’’Padahal kita butuh kebersamaan, kita fokus dalam pencegahan terorisme sejak dini dengan metode pentahelik.Jangan setelah kejadian baru turun tangan, lebih baik mencegah sebelum terjadi.''

Peran setiap masyarakat terutama anak muda sangat penting untuk peduli dalam penanggulangan terorisme. Fokus pencegahan terorisme sejak dini lewat strategi pentahelik atau strategi multi pihak.

''Lewat Asik Bang ini peran anak muda atau musisi menjadi sangat penting dalam pencegahan terorisme melalui musik ini.”lanjutnya.

Ketua FKPT NTT, Yohannes Oktovianus mengatakan lagu-lagu nasional telah menguatkan rasa cinta tanah air. ''Namun saat ini ada sebuah ke khawatirkan bahwa lagu-lagu nasional mulai ditinggalkan, maka kalau kita di NTT pada pukul 10.00 setiap pagi gubernur mewajikan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kalau di kesbangpol setiap harinya kita menyanyikan lagu nasional dan daerah.''

BACA JUGA:Luther The Fallen Sun Masuk Dalam Kategori Terfavorit di Netflix

Yohannes yang Kepala Kesbangpol NTT itu, menekankan tidak cukup hanya memberikan pengetahuan dasar dan ciri teroris, namun perlu juga menumbuhkan semangat kesadaran bersama, bersaudara sebagai sesama anak bangsa yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.  

“Lewat Asik Bang kita menyampaikan kepada anak muda semua pencinta musik atau musisi untuk sama-sama menanamkan semangat kesadaran bersama, bersilaturahmi sesama anak bangsa yang mencintai negara kita, menjaga dan merawatnya,” ujar Ketua FKPT NTT ini. 

Kegiatan Asik Musik Anak Bangsa (Asik Bang) yang diinisiasi BNPT melalui FKPT  ini dilaksanakan di 34 provinsi, masing-masing provinsi diwakili 2 nominee akan berlaga ditingkat nasional baik solo atau grup band, hadiah yang diperlombakan berupa uang pembinaan dengan total sebesar ratusan juta.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: