Kakanwil Kemenkumham Babel Resmikan Klinik Pratama Lapas Sungailiat

Kakanwil Kemenkumham Babel Resmikan Klinik Pratama Lapas Sungailiat

--

SUNGAILIAT, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto resmikan Klinik Pratama Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sungailiat, Rabu 15 Maret 2023.

Kalapas Sungailiat, Zullaeni mengatakan bahwa saat ini jumlah penghuni di Lapas Sungailiat berjumlah 421 orang, untuk itulah layanan kesehatan di Lapas, harus berjalan dengan baik dan optimal.

Dibentuknya Klinik Pratama ini, sesuai perintah Dirjen Pemasyarakatan sekaligus menjadi Klinik Percontohan. “Klinik ini kami beri nama Klinik Pratama Simpur, diambil dari filosfi daun simpur yang banyak tumbuh di daerah Bangka. Simpur artinya Simpati, Inovatif, Melayani, Professional dan Urgensi,” lanjut Zullaeni.

Bupati Bangka yang diwakili oleh Asisten I Setda Bangka, M. Jumani, menyampaikan bahwa Klinik Lapas merupakan sarana yang sangat penting, dimana nantinya para WBP akan mendapatkan layanan kesehatan.

BACA JUGA:VIRAL! Pasangan Pengantin di Musi Rawas Rela Arungi Banjir Demi Akad Nikah

“Diharapkan klinik tersebut dapat terus dimanfaatkan,” ucap M. Jumani.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka, Dinkes dan Dinas PTSP yang sudah menerbitkan izin Klinik Pratama di Lapas Sungailiat. 

Diharapkan Klinik Pratama ini nantinya dapat menjalankan fungsi Peningkatan Kesehatan (Promotif), Pencegahan Penyakit (Preventif), Penyembuhan Penyakit (Kuratif), dan Pemulihan kesehatan (Rehabilitatif).

Klinik ini juga perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama pihak Dinkes dan Puskesmas Kenanga serta Public Safety Center (PSC) 119 Sepintu Sedulang.

BACA JUGA:Saat Mengambil Kasur yang Dijemur, ABK Kapal Penangkap Ikan Jatuh dan Hilang di Perairan Bangka Selatan-OKI

Menurut Kakanwil Harun, Lapas Sungailiat merupakan Lapas ke-2 yang memiliki Klinik Pratama, yang sebelumnya ada di Lapas Pangkalpinang. Di Lapas Sungailiat ada 1 orang Dokter dan 4 orang Paramedis.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar, Kepala Lapas Pangkalpinang, Badarudin, Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang, Kepala Lapas Perempuan Pangkalpinang, Hani Anggraeni, Kepala Bapas Pangkalpinang, Iwan Setiawan, Kepala Rutan Muntok, Abdul Rasyid Meliala, Kabag Program dan Humas, Triandini Oscar, serta Kasubsi Minlola Basan dan Baran Rupbasan Pangkalpinang.

Kemudian, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, Futin Helena Laoli, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Alfi Zuhri, Kepala PSC Sepintu Sedulang, Fitria, serta Kepala BNN Kab. Bangka, Peni Januarti, dan unsur Forkopimda Kabupaten Bangka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: