Universitas Bina Darma Palembang Bentuk Grup Riset

Universitas Bina Darma Palembang Bentuk Grup Riset

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Fakultas Sains Teknologi (FST) Universitas Bina Darma UBD (UBD) Palembang, bentuk Grup Riset Intelligent Systems dan Application Development guna membantu mahasiswa dalam mengambil riset apa yang akan dibuat dalam tugas akhir.

Wakil Rektor Bidang Akademik M Izman Herdiansyah, ST MM PhD mengungkapkan, Grup Riset Intelligent Systems dan Application Development adalah Grup Riset yang berada di PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems, dan Data Science yang beranggotakan para mahasiswa dan dosen.

"Terbentuk sejak tahun 2022 di lingkungna Program Studi Sistem Informasi dan dikoordinir oleh PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems, dan Data Science," ungkapnya, Rabu 15 Maret 2023.

Dijelaskan Izman, Riset Intelligent Systems dan Application Development sangat penting tidak saja bagi dunia riset dan pendidikan tetapi juga bisa dijadikan altenatif penyelesaian di masyarakat. 

BACA JUGA:Kembali Mengukir Prestasi, Universitas Bina Darma Palembang Raih Medali Terbanyak LIKMI 2023

“Penting dilaksanakan untuk mengupgrade LPS dan materi perkuliahan, sekaligus mengembangkan kualitas penelitian,” ujar Izman.

Lanjut Izman, hal ini perlu didukung dan digalakkan tidak hanya di lingkungan Prodi SI saja tetapi juga prodi-prodi lainnya ada di research atmosphere di Universitas Bina Darma terus terjaga sekaligus siap menyongsong UBD Unggul. 

"Untuk mengembangkan proyek-proyek Riset Intelligent Systems dan Application Development di lingkungan Program Studi Sistem Informasi," timpal Izman.

Sementara itu, Ketua tim Riset system cerdas Dr.Yesi Novaria kunang menambahkan,  

BACA JUGA:Buruan! Ikuti dan Rebut Hadiah Jutaan Rupiah di Lomba Video dan Poster Universitas Bina Darma Palembang

Dibentuk atas inisiatif Program studi Sistem Informasi melalui Ketua Tim Riset Intelligent Ssytems ibu Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. dan Ketua Tim Riset Application Development Bapak Suyanto, M.Kom., serta Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, S.Kom., M.M., MTA, CDM selaku Koordinator Inovasi TIK, Smart Systems, & Data Science. Pembentukannya di-sahkan melalui ST Dekan Fakultas Sains Teknologi (FST) Dr.Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM.

Ketua tim Riset system cerdas Dr Yesi Novaria kunang mengatakan mahasiswa dan dosen yang memiliki minat dan skills di bidang Intelligent Systems dan Application Development. Selain itu, Proyek yang bisa dikembangkan dapat bermacam-macam berupa aplikasi baik berbasis web maupun mobile.

Workshop ini memberikan gambaran real yang ditemui saat ini di dunia kerja tentang kebutuhan aplikasi modular yang dibutuhkan pada masa sekarang,“ ujarnya.

Lebih lanjut, Yesi menuturkan, pihaknya juga mengadakan Workshop Konsep Pengembangan Aplikasi Modular (Framework Laravel, Rest API, Framework Flutter) yang diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Informasi dan Grup Riset Intelligent Systems dan diikuti 30 pesesrta yang terdiri dari 26 Dosen dan 4 mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: