Jaga Kebugaran Jemaah Calon Haji (JCH), Ini yang Dilakukan KBIH Miftahussalam

Jaga Kebugaran Jemaah Calon Haji (JCH),  Ini yang Dilakukan KBIH Miftahussalam

Jemaah haji asal Sumsel yang tergabung di KBIH Miftahussalam, senem sehat bersama di Hotel Mekah. Foto: dok sumeks.co --

SUMEKS.CO, Ada yang istimewa dari program Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Miftahussalam Sumsel setiap musim haji. 

Selain membimbing urusan ibadah kepada Jemaah Calon Haji (JCH) agar menarapkan sunah, wajib dan rukun haji. Kelompok ini selalu mengajak jemaahnya melakukan senam sehat bersama.

Senam sehat bagi jemaah ini seperti menu wajib. Baik yang masih muda, maupun yang sudah lanjut usia, lansia.

Makanya ketika mendengar musim haji tahun 2023 ini, Menag RI Yaqut Cholil Qoumas punya tagline, Haji Ramah Lansia,  pihaknya tidak keget. Karena jemaahnya yang lansia selalu diajak fresh, rileks, dan selalu upayakan fisik sehat. 

Lansia menurut Perpres No 88/2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas.

Ya KBIH MIftshussalam ini dipimpin oleh H Ferry Munandar SE. Alamat kantornya di Jalan Angkatan 45, Lrng Harapan Baru 2193 D Lorok Pakjo Palembang.

BACA JUGA:Alhamdulillah Dapat Tambahan Kuota Haji untuk Petugas, Gus Men: Tagline Haji Ramah Lansia

Pada musim Haji Tahun 2023 ini H Ferry memberangkatkan jemaah calon haji (JCH) sekitar 200 orang. Jemaah ini berasal dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, Sumsel.

Jemaahnya dibimbing setiap minggu di Masjid Nurhidayah, Jalan Demang Lebar Daun. Di sela-sela bimbingannya Jemaah Calon Hajinya juga diajak senam sehat bersama.

Senam sehatnya di gelar di Kambang Iwak Palembang. Sebelum senam mereka diajak keliling Kambang Iwak untuk pemanasan. 

Dilanjutkan sejam jantung sehat,  bergabung dengan dalam Senam Jantung Sehat Indonesia. Baru dilanjutkan pemeriksaan kesehatan.

''Ibadah haji ini harus fresh. Badan harus sehat. Supaya bisa menjalankan ibadah bisa khusuk,'' jelas orang yang pernah menjadi Ketua Forum KBIH Sumsel ini. 


Jemaah haji Lansia asal Sumsel ikut aktif senam bersama. Foto: dok KBIH Miftahussalam--

BACA JUGA: Jemaah Calon Haji Indonesia yang Lansia Capai 60 Ribu Lebih dan Ini Penyakit yang Diidap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: