Bupati Banyuasin Bangga Panen IP100 Tembus 8,4 Ton/Hektare

Bupati Banyuasin Bangga Panen IP100 Tembus 8,4 Ton/Hektare

--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Bupati Banyuasin H Askolani SH MH melakukan tabur benih padi di lahan persawahan di Desa Purwosari Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin, Selasa 14 Maret 2023. 

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH mengatakan kalau Desa Purwosari Kecamatan Tanjung Lago ini telah melaksanakan IP200, diharapkan kedepannya dapat melaksanakan IP300 jagung. 

"Ini IP200, tanam padi," katanya. 

Ia menambahkan hasil panen IP100 sendiri di Desa Purwosari telah mencapai 8,4 ton/hektare, tentunya hal itu sangat membahagiakan. "Bupati saja kalah, hasil panen 3,5 ton/hektare. Kan bupati juga bersawah," jelasnya. 

BACA JUGA:Lift Barang Pasaraya Bandung Palembang Jatuh dari Lantai 3 ke Lantai Dasar, Diduga Tali Pengaman Putus

Diharapkan daerah daerah lainnya juga dapat mengikuti Desa Purwosari, sehingga hasil gabah padi semakin meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

Agar peringkat Kabupaten Banyuasin menjadi peringkat 2, atau 3.

"Kita doakan naik peringkat, "tukasnya.

Kemudian Askolani juga meminta kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar membantu, membimbing dan membina para petani terkait masalah permodalan. 

BACA JUGA:Pidsus Kejari Palembang Resmi Tetapkan 3 Tersangka Korupsi PTSL Jilid II

"Bisa menjembati petani ke bank, untuk pinjam KUR. Jangan hanya urusan tanaman saja, "tuturnya.

Sehingga petani kedepannya tidak lagi terlilit tengkulak, tentunya dengan syarat syarat yang mudah serta bunga yang kecil.

Mengenai kelangkaan pupuk, Askolani menegaskan kalau pihaknya telah memberikan edukasi kepada masyarakat agar mulai beralih ke pupuk organik. 

"Pupuk organik lebih baik daripada pupuk kimia, dulu nenek moyang kota pakai organik seperti kotoran sapi dan hasilnya subur tanamannya, " tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: