Alhamdulillah Dapat Tambahan Kuota Haji untuk Petugas, Gus Men: Tagline Haji Ramah Lansia

Alhamdulillah Dapat Tambahan Kuota Haji untuk Petugas, Gus Men: Tagline Haji Ramah Lansia

Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas saat kunjungan kerja ke Arab Saudi. Foto: Kemenag Instagram--

SUMEKS.CO- Hasil kunjungan kerja Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas dengan Pemerintah Arab Saudi adalah soal penambahan jatah kuota haji Indonesia 2023 ini.

Hasilnya menag mengaku dapat kuota tambahan. Dan kuoata tambahan itu akan difokuskan untuk jatah petugas haji. Agar bisa melayani calon jemaah haji (CJH) yang lanjut usia, lansia.

"Ya Alhamdulillah dapat kuota tambahan untuk petugas haji. Indonesia menjadi prioritas Kerajaan Arab Saudi," jelas H Yaqut yang belum memberikan jumlah kuota tambahan yang dimaksud.

Kenapa fokus tambahan untuk petugas? Menurut Gus Yaqut yang biasa dipanggil Gus Men ini, dari 203.320 kuota haji reguler ada lebih 64 ribu jemaah calon haji (JCH) yang masuk kategori lanjut usia, lansia.

''Jadi tambahan kuota petugas akan difokuskan dalam penguatan layanan jemaah calon jemaah haji yang lanjut usia, lansia,'' jelasnya.

BACA JUGA:Cerita Maimuna, JCH Sumsel Tertua 102 Tahun Asal Empat Lawang, Daftar Haji Hasil Jual Rumah dan Tabungan

 Dilansir kemenag.go.id, Menag telah meminta kepada Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al RabiahTawfiq bisa menyampaikannya lebih awal. Sebab, selalu saja butuh waktu persiapan dalam proses pengisian kuota jemaah. Mulai dari penyiapan dokumen, paspor, pemvisaan, serta penyediaan layanan.

"Saya minta agar tambahan kuota jemaah disampaikan lebih awal, agar bisa terserap maksimal," tegasnya.

Karena sudah mendapat tambahan kuota haji untuk petugas kini Kemenag akan ada rekrutmen khusus petugas lagi. "Perlu rekrutmen khusus untuk pengisian tambahan kuota petugas, dan ini difokuskan pada penguatan layanan lansia," tegas Gus Men.

Ya dalam kunjungan keja, Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah. Mereka membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Pertemuan ini berlangsung di Jeddah, Minggu 12 Maret 2023. Mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, serta Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz. Hadir juga, Jubir Kemenag Anna Hasbie, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

BACA JUGA:Berikut Ini Sebaran Daftar Kuota Haji Reguler Per Provinsi

Diketahui, sejak awal Gus Men akan  memberikan perhatian kepada para jemaah calon haji yang lansia. Alasannya penyelenggaraan musim haji 2023 tahun ini mengusung tagline: Haji Ramah Lansia.

Sejumlahersiapan pelayanan saat ini terus dipersiapkan. Hal-hal detail menjadi perhatian, antara lain penambahan toilet perempuan di Arafah dan Mina. Sebab, mayoritas jemaah Indonesia adalah perempuan. Mereka juga membutuhkan waktu lebih lama saat di toilet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: