Survei Pilkada Palembang, Fitrianti Agustinda Tertinggi, Ketua PKS Layak Jadi Cawawako

Survei Pilkada Palembang, Fitrianti Agustinda Tertinggi, Ketua PKS Layak Jadi Cawawako

Aksi simpati kader PKS Palembang. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Survei GASPOL Konsultan terbaru menunjukkan Ketua DPD PKS Kota Palembang, Baharudin berpeluang jadi calon wakil wali kota Palembang karena memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan yang cukup tinggi.

Baharudin tercatat mempunyai elektabilitas sebesar 7,5 persen atau hanya berselisih 1,6 persen dari pemilik elektabilitas tertinggi Zainal Abidin sebesar 9,1 persen.

“Pak Baharudin layak menjadi wakil wali kota Palembang karena memang terbukti memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi sebesar 7,5 persen. Temuan hasil survei ini tidak boleh diabaikan karena survei merujuk pada realitas lapangan yang sesungguhnya,” kata Ari Tru, Direktur Eksekutif GASPOL Konsultan dalam keterangan tertulis, Rabu 8 Maret 2023.

BACA JUGA:Bacawako Palembang ini Nyalon Ogah Gunakan Jalur Parpol

Karena itu, bagi GASPOL, persaingan tingkat keterpilihan atau elektabilitas calon wakil wali kota Palembang masih sangat ketat. Tiga kandidat yakni Baharudin, Zainal Abidin dan Ahmad Zulinto memiliki kans atau peluang yang sama besar untuk menjadi calon wakil wali kota Palembang.

Secara rinci, hasil Survei GASPOL menunjukkan Zainal Abidin memiliki elektabilitas sebesar 9,1 persen. Sementara Ahmad Zulinto dan Baharudin, masing-masing memperoleh elektabilitas 8,0 persen dan 7,5 persen.  

BACA JUGA:FPKS DPRD Sumsel Tolak Kenaikan ONH

"Persaingan elektabilitas Zainal, Ahmad dan Baharudin sangat ketat. Selisih diantara ketiganya hanya 1,5–2 persen. Dalam analisa umum, selisih dua persen itu menunjukkan kompetisi yang sengit dan dinamis. Semua bisa sangat berubah,” jelasnya.

Sementara itu, calon wali kota yang muncul dalam survei tersebut tercatat Fitrianti Agustinda sebagai figur yang tertinggi sebagai calon walikota dengan 23,9 persen, disusul oleh Ratu Dewa dan Akbar Alfaro masing masing 15,8 persen dan 6,1 persen.

Ari pun menegaskan hasil survei ini masing sangat dinamis. Pasalnya dalam kurun waktu 18 bulan ke depan, masih sangat banyak hal yang akan terjadi dan mungkin akan berdampak pada elektabilitas Baharudin.

Terlebih, bagi Ari, PKS merupakan salah satu partai yang memiliki basis pemilih yang kuat atau strong voters dan mesin politik yang cepat dihidupkan. Faktor ini membuat Baharudin memiliki modal sosial yang lebih tinggi ketimbang kandidat-kandidat lainnya.

“Dengan modal sosial sebagai Ketua DPD PKS, jika dikelola dengan baik, saya sangat optimis elektabilitas Baharudin akan menjadi paling tinggi,” tutur dia.

BACA JUGA:PKS Prabumulih Targetkan Perolehan Suara Anies Baswedan Capai 75 Persen

Sebagai informasi, survei dilakukan terhadap 800 jumlah responden dan berlangsung pada tanggal 5–14 Februari 2023. Populasi survei tersebut adalah warga Kota Palembang yang telah memiliki hak pilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: