Hasil Panen Raya Melimpah, Wabup OKI Minta Kawal Harga Beras dan Gabah Stabil

Hasil Panen Raya Melimpah, Wabup OKI Minta Kawal Harga Beras dan Gabah Stabil

Wakil Bupati OKI H Djakfar Shodik mengukuti panen raya di Kecamatan Lempuing Jaya OKI, Kamis 9 Maret 2023.--dok : sumeks.co

OGAN KOMERING ILIR, SUMEKS.CO - Panen raya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, sudah dimulai di beberapa wilayah, seperti di Kecamatan Lempuing Jaya, Kamis 9 Maret 2023.

Wakil Bupati OKI, Dja'far Shodiq berharap panen raya padi ini akan membantu menstabilkan harga beras, sehingga inflasi dapat terkendali.

"Komoditas panen yang berlimpah ini berpotensi menurunkan harga jual. Oleh karenanya, kita harus kalkulasi dan pastikan kebutuhan pokok di OKI,” kata Djafar Shodiq.

“Jika semua sudah terpenuhi, kita bisa kirimkan ke wilayah lainnya yang hasil panennya sedikit sehingga petani tidak dirugikan karena panen raya biasanya harga jual jadi menurun," tambah Djafar Shodiq. 

BACA JUGA:Instagramable, Jembatan Gantung di Sugih Waras, OKI Diharapkan Bisa Topang Ekonomi dan Pariwisata

BACA JUGA:Lantik Pimpinan Baznas, Bupati OKI Harap Zakat Tumbuhkan Ekonomi Umat

Wabup Djafar Shodiq juga mengapresiasi pihak yang terus bersinergi baik dari Pemerintah daerah, Kelompok Tani, Balai Penyuluh Pertanian dan pihak lainnya.

"Semua pihak harus bergotong royong dan bersinergi agar stok pangan dan menjaga OKI sebagai lumbung pangan nasional", imbuhnya. 

Sebelumnya, Direktur Irigasi Pertanian Kementerian Pertanian RI, Ir Rahmanto, MSc mengatakan kegiatan panen raya di OKI hari ini merupakan kegiatan serentak berpusat di Kebumen, Jawa Tengah.

"Panen Nusantara serentak, tadi sudah di mulai pukul 11.15 WIB oleh presiden RI. Joko Widodo termasuk di OKI. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan juga kendali harga", kata Rahmanto.

BACA JUGA:Jalan Penghubung di Desa Muara Baru, OKI Mulai Diperbaiki, Longsor Terus Meluas

BACA JUGA:Kepala BNPT Boy Rafli Ajak Warga OKI Jaga Perdamaian Jelang Tahun Politik

Dia berharap pemerintah daerah bisa terus menjaga kolaborasi dengan Bulog berkaitan dengan cadangan dan kendali harga agar tidak terlalu melandai sehingga produktivitas pertanian tetap terjaga

"Terus jaga sinergitas untuk OKI semakin baik", harap Rahmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: