Kunker ke Lapas Lubuklinggau, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Imbau Terus Jaga Kondusifitas Lapas

Kunker ke Lapas Lubuklinggau, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Imbau Terus Jaga Kondusifitas Lapas

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan Ilham Djaya menyambangi Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, untuk memberikan Penguatan Tugas dan Fungsi kepada Petugas Pemasyarakatan Lapas Lubuklinggau, Senin 27 Februari 2023.

Dihadapan jajaran Lubuklinggau, Kakanwil Ilham mengungkapkan sebagai ASN Kemenkumham, Lapas Lubuklinggau sudah sepatutnya disyukuri, diimplementasikan dengan bekerja sebaik-baiknya. 

Kakanwil Ilham Djaya minta petugas Pemasyarakatan harus turun melihat langsung kondisi para warga binaan pemasyarakatan di blok hunian. 

"Tidak tenang rasanya jika belum memastikan keadaan para Warga binaan dalam keadaan sehat, kondusif, dan aman," ungkap Ilham. 

BACA JUGA:Kijang Super Salto, Lima Penumpang Tewas

Ilham menyebut, rasa tersebut harus dimiliki oleh seorang petugas Pemasyarakatan yang memiliki  tugas di bidang pembinaan, pengamanan, dan pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Saya yakin tidaklah mudah bagi anda menjadi Petugas Pemasyarakatan, akan tetapi tugas anda adalah tugas yang yang mulia. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang kuat dalam diri kita untuk terus bekerja dengan Profesional sebagai petugas Pemasyarakatan," kata Ilham. 

Untuk itu, Kakanwil Ilham meminta seluruh jajaran Lapas Lubuklinggau secara bersama-sama turut berperan dalam menjaga kondisi kemanan dan ketertiban (Kamtib).

“Jangan ada hp ilegal, terus lakukan deteksi dini, cegah peredaran gelap narkoba, lakukan sinergi dengan pemda dan aparat penegak hukum, serta jangan ada pelarian napi dan tahanan,” kata dia.

BACA JUGA:Realokasi Anggaran Instruksi PMK Bakal Berdampak Pada Pokir Dewan

Kakanwil Ilham Djaya juga menginstruksikan agar selalu mengedepankan HAM dalam pelaksanaan tugas. “Jangan ada diskriminasi layanan kepada seluruh masyarakat maupun WBP,” kata dia.

Zaman sudah jauh berbeda, seseorang boleh dihukum, yang dihukum fisiknya, tetapi tidak boleh menghukum fikirannya.

"Sehingga lakukan berbagai program positif yang menjadi sarana penyaluran minat/bakat serta pengembangan diri para warga binaan," kata Ilham. 

Ilham juga mengapresiasi slogan Lapas Lubuklinggau yakni "Hebat" dengan akronim Harmonis, Elok, Berakhlak, Aman, dan Terbaik. Menurutnya slogan Hebat tersebut apabila diimplementasikan dengan baik akan membuat Lapas Lubuklinggau benar-benar Hebat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: