Ciptakan Tata Kelola Arsip Yang Baik, Kemenkumham Babel Gelar Bimtek

Ciptakan Tata Kelola Arsip Yang Baik, Kemenkumham Babel Gelar Bimtek

--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar, Senin 13 Februari 2023 mengatakan dalam rangka menciptakan tata kelola arsip yang baik, sekaligus pemenuhan data dukung Target Kinerja (Tarja) B03 dan Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) Divisi Administrasi Tahun Anggaran 2023.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung gelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Kearsipan dan Pengawasan Kearsipan, secara hybrid di Balai Pengayoman Kantor Wilayah pada Kamis 9 Februari 2023.

Plt. Kepala Bagian Umum, N.A Triandini Oscar, dlm laporannnya mengatakan bahwa tujuan dari bimtek pengelolaan dan pengawasan kearsipan ini yaitu untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang kearsipan.

Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar ketika membuka kegiatan menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009, kearsipan merupakan suatu kegiatan menempatkan dan menyimpan dokumen-dokumen penting dalam suatu organisasi, baik perusahaan maupun instansi yang bertujuan untuk menjamin keselamatan suatu organisasi sebagai barang bukti tertulis, baik itu dalam bentuk gambar maupun bentuk lainnya.

BACA JUGA:Harga Cabai Rawit di Palembang Naik, Ayam Stabil

Melihat fungsi dan kegunaan arsip yang sangat strategis, kata Muslim, maka perlu dilakukan pengelolaan arsip agar mudah diakses jika dibutuhkan kembali.

Pengelolaan arsip yang baik bukan hanya membuat daftar arsip agar mudah ditemukan kembali, tetapi juga membuat arsip tersebut menjadi informasi yang mencerminkan keberadaan, tugas dan fungsi dari pencipta arsip.

Muslim berpesan kepada para peserta bimbingan teknis untuk mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan kesungguhan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber yang merupakan Arsiparis Ahli Muda Biro Umum Sekretariat Jenderal yaitu, Emon A. Kohar, yang menyampaikan materi tentang tata cara penciptaan arsip, melaksanakan pengelolaan arsip hingga penyusutan arsip. 

BACA JUGA:Sumber Makmur of The Wall, Coffee Shop Unik di Palembang

Dilanjutkan paparan Dedy Syahputra yang menjelaskan tentang tips dan trik pengelolaan arsip aktif dan inaktif yang baik.

Narasumber terakhir adalah Andri yang menyampaikan materi tentang digitalisasi arsip dan arsip vital yang ada pada Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto berharap dengan adanya kegiatan ini, kualitas SDM jajaran Kanwil Kemenumham Babel dalam mengelola arsip makin meningkat.

Turut hadir pada kegiatan ini para Pejabat Struktural di Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis, serta  petugas yang mengelola kearsipan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: