Fakta Baru Terbakarnya Lahan Gambut di Pampangan OKI, Sebelumnya jadi Spot Mancing Masyarakat

Fakta Baru Terbakarnya Lahan Gambut di Pampangan OKI, Sebelumnya jadi Spot Mancing Masyarakat

Personil BPBD OKI dan Manggala Agni melakukan pemadaman di lokasi lahan gambut terbakar di Desa Kandis Kecamatan Pampangan OKI beberapa waktu lalu. -Foto: dok/sumeks.co-

BACA JUGA:Kerbau Pampangan OKI si Penghasil Susu Gulo Puan, Kini Sudah Jarang Produksi, Populasi Semakin Menurun

"Kita imbau kepada semua masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar," pesannya. 

Diketahui, kebakaran sekitar 3 hektar lahan itu terjadi Sabtu dan Minggu 28-29 Januari 2023.

Atas kebakaran lahan itu petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan BPBD OKI usai melakukan pemadaman langsung melakukan penyelidikan di lahan tersebut. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin melalui Kepala Bidang Penanganan Darurat Logistik, M Fahrul Husni SSos menjelaskan, belum diketahui penyebab dari lahan gambut yang terbakar tersebut.

"Petugas kita dari BPBD OKI dibantu petugas Manggala Agni pada Sabtu itu langsung melakukan pemadaman. Termasuk Minggu dan Senin kemarin petugas masih bersiaga di lokasi," ujar Fahrul. 

Petugas di lapangan melakukan pemadaman api sempat terkendala akses. Ditambah lagi lahan tersebut merupakan gambut rawa lebak. 

Dalam pemadaman untuk lahan gambut memerlukan waktu yang lama. Karena api bagian merupakan atas padam tetapi api di bagian dalam masih. Oleh karena pada keesokannya yakni Minggu terbakar kembali. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: