Jaga Ekosistem Ikan Belida, IKA Unsri Gelar Diskusi

Jaga Ekosistem Ikan Belida, IKA Unsri Gelar Diskusi

Narasumber diskusi Ikan Belida.--

“Dukungan Riset dan Inovasi untuk Konservasi Ikan Belida”, 

Narasumber dalam diskusi tersebut, diantaranya Puji Widodo, S.Pi, (Pengawas Perikanan Bidang Pembudidayaan Ikan Ahli Muda pada Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Kementerian Kelautan dan Perikanan) dengan topol “Status Progres, Hasil, Kendala dan Tindak Lanjut Penelitian Budidaya Ikan Belida”, kemudian Prof. Dr. Ir. Sukendi, M.S (Guru Besar pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau) dengan tema “Teknologi Pembenihan, Budidaya dan Prospek Komersialisasi Ikan Belida, selanjutnya Prof. Dr. Ir. H. Iwan Suyatna, M.Sc., DEA., IPU (Guru Besar pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarwan) dengan tema “Hasil-Hasil Riset Konservasi dan Budidaya Ikan Belida”,  Siti Rachmi Indahsari (Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju) dengan tema “Best Practice Peran Kilang Pertamina Plaju dalam Upaya Konservasi Ikan Ikan Belida di Kawasan Sumatera Selatan”. Kemudian ada 

Mochamad Syaifudin, S.Pi, M.Si, Ph.D (Dosen pada Prodi Budidaya Perairan Universitas Sriwijaya) dengan tema “ Status Terkini dan Prospek Masa Depan DNA Barcode untuk Konservasi Ikan Belida”.

Tujuan forum diskusi ini, ujar Agung, untuk membedah kebijakan dan program pemerintah dalam upaya konservasi ikan perairan umum yang dilindungi khususnya ikan Belida, mengetahui status progres, kendala dan rencana tindak lanjut kegiatan konservasi dan teknologi budidaya ikan Belida dan untuk merumuskan rekomendasi dan rencana aksi nyata untuk mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah punahnya ikan Belida sekaligus mengembangkan jenis ikan asli perairan Indonesia agar dapat menjadi komoditi yang dapat dibudidayakan dan dikomersilkan. (ril) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: