Bertekad Raih WBBM, Kanwil Kemenkumham Babel Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Bertekad Raih WBBM, Kanwil Kemenkumham Babel Canangkan Pembangunan Zona Integritas

--

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Bertekad untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung laksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM, di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Selasa 24 Januari 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto melakukan penandatanganan Komitmen Bersama dan Perjanjian Kinerja dengan para Kepala Divisi, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas, dan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Kakanwil Harun menyampaikan bahwa Pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju WBBM sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2023 merupakan salah satu cara menata kembali birokrasi pemerintahan agar berorientasi pada pelayanan prima kepada masyarakat, memangkas jalur pelayanan sehingga menjadi lebih mudah, mencegah KKN dan meningkatkan kulitas pelayanan publik.

“Ini merupakan suatu komitmen yang wajib dilaksanakan oleh seluruh jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel,” ujar Harun.

BACA JUGA:Bantuan COVID-19 tak Diberikan, Pak Kades Minta Tanda Tangan Warga

Untuk Peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut harus dimulai dengan memperbanyak inovasi yang menyentuh langsung masyarakat.

Menurut Harun Sulianto, saat ini inovasi yang telah ada di Kanwil Kemenkumham Babel yaitu PORSIBEL (Portal Informasi Layanan Kanwil Babel), Laris Manis Babel (Layanan Informasi dan Monitoring Notaris di Wilayah Babel), POS YANKOMAS (Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat) yang ada pada setiap Kecamatan, Telekonsultasi Hukum Online (Konsultasi hukum secara virtual melalui Zoom Meeting), dan Konsultasi Hukum Online melalui Whatsapp.

Menurut Kakanwil Harun Sulianto, pada tahun 2022 berbagai penghargaan diraih oleh Kanwil Kemenkumham Babel yakni Peringkat I Kanwil Berkinerja Terbaik Tahun 2021 dari Menteri Hukum dan HAM.

Kemudian penghargaan dari Menkumham sebagai peringkat 5 Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional antar Kanwil.

BACA JUGA:Karaoke Selebritis Palembang Masuk Wajib Pajak Terpatuh 2022, Dapat Penghargaan Walikota, Target 2023 Rp1,2 T

Selanjutnya penghargaan dari Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) sebagai Satuan Kerja dengan nilai kinerja anggaran Tertinggi ke 2.

Selain itu pengahargaan dari Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) karena Menggagas Inovasi Peningkatan Pelayanan Kekayaan Intelektual dalam Ruang Lingkup Perguruan Tinggi.

Penghargaan lainnnya juga diterima dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel, sebagai Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Nilai IKPA 100 Kategori Pagu DIPA di atas 100 juta - 2,5 M Periode Semester I Tahun 2022, kemudian Terbaik Ketiga Penyusun Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) Tahun 2021.

Lalu Peringkat Pertama Satuan kerja dengan Nilai IKPA 99.2 Katogori Pagu DIPA di atas 100 juta s.d. 10 M Tahun 2021, dan Peringkat Kedua Bendahara Pengeluaran Terbaik dalam Penyampaian LPJ Kategori Pagu DIPA di bawah 2 M Semester II Tahun 2021.

Sumber: