Kenyamanan Wisatawan Plaza 16 Ilir Palembang Terusik, ini Penyebabnya

Kenyamanan Wisatawan Plaza 16 Ilir Palembang Terusik, ini Penyebabnya

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tidak lama lagi, masyarakat Kota Palembang bakal punya destinasi wisata baru, namanya Plaza 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Sesuai namanya, Plaza 16 Ilir terletak di pinggiran Sungai Musi, tepatnya di samping Gedung Pasar 16 Ilir Seberang Ilir Kota Palembang.

Dijadwalkan Plaza 16 Ilir akan segera di resmikan dan terbuka untuk masyarakat kota Palembang, setelah penyerahan aset kepada Pemerintah Kota Palembang.

Dari pantauan, Plaza 16 Ilir Palembang seluas 64,53x15,50 meter yang baru selesai dibangun telah dimanfaatkan sebagian warga masyarakat khususnya pengunjung Pasar 16 Ilir, baik melepas penat ataupun sekadar untuk berswafoto ria karena berlatang belakang Jembatan Ampera ikon Kota Palembang.

Namun sangat disayangkan, kondisi Plaza 16 Ilir Palembang yang dibangun menggunakan APBN Kementerian Perhubungan senilai Rp7,5 miliar itu, nampak dipenuhi sampah dedaunan dari pohon yang ada di Plaza 16 Ilir Palembang.

Tidak ada satupun petugas kebersihan yang sigap membersihkan sampah daun kering, yang jatuh di pelataran dan kursi duduk pengunjung di pelataran Plaza 16 Ilir Palembang.

Belum lagi, suasana kenyamanan pengunjung juga sedikit terusik dengan banyaknya pengamen, yang terkadang meminta secara paksa pada pengunjung Plaza 16 Ilir Palembang

"Penasaran datang kesini dari media sosial, namun sedikit kecewa suasananya beda dengan yang ada di media sosial, banyak pengamen yang maksa juga," kata Devi salah seorang pengunjung dibincangi SUMEKS.CO, Senin 24 Januari 2023.

Namun dia sedikit mengapresiasi kepada pihak yang terkait, tujuan dari pembangunan Plaza 16 Ilir Palembang untuk lebih memperindah kawasan Pasar 16 Ilir yang selama ini terkesan kumuh.

Dia menyarankan, apabila Plaza 16 Ilir Palembang nanti selesai di launching, untuk dijaga petugas yang tetap, seperti petugas keamanan serta petugas kebersihan, agar dapat membuat nyaman para pengunjung.

Senada juga dikatakan Sulaiman, sengaja datang bersama istri tercinta dikarenakan rasa penasaran adanya destinasi wisata baru Plaza 16 Ilir, yang menurutnya cukup representatif.

"Sangat bagus, namun masih kurang nyaman karena kotor dan banyak pengamen jadi kurang nyaman, mungkin kedepannya di tempatkan petugas kebersihan dan jaga saja," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: