CJH Tertunda Pandemi Jadi Prioritas Haji 2023, Tapi Tidak Otomatis Berangkat, Simak Alasannya

CJH Tertunda Pandemi Jadi Prioritas Haji 2023, Tapi Tidak Otomatis Berangkat, Simak Alasannya

Calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi, akan menjadi prioritas pada penyelenggaraan haji tahun 2023.-Foto: dok/sumeks.co-

BACA JUGA:Cara Cepat Cek Keberangkatan Haji Tahun 2023, Selain Nomor Porsi CJH, Unduh Aplikasi Ini di Google Play

"Kemenag akan siapkan petugas yang memiliki wawasan dan memahami cara memberikan layanan kepada jemaah risiko tinggi. Kami harus siapkan petugas yang memiliki kemampuan khusus dalam mendampingi dan melayani jamaah lansia,” ujar Hilman dikutip dalam laman resmi Kemenag.

Kuota haji untuk Indonesia tahun 2023 ini sudah kembali normal. Mengingat Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 sudah mereda. Pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota haji Indonesia tahun 2023 ini seperti tahun 2019 lalu. Mulai 2023, Indonesia menerima kuota haji sebanyak 221.000. Rinciannya 203.320 jemaah haji reguler, 17.680 jemaah haji khusus, dan 4.200 petugas.

Tidak Otomatis Berangkat

Sementara itu sebagaimana diketahui kuota haji Indonesia sudah kembali normal, kemudian tidak ada lagi batasan usia untuk jemaah haji Indonesia. Namun belum menjamin CJH yang tertunda berangkat akibat pandemi, dapat otomatis berangkat tahun ini.

Selain kuota yang masih sangat terbatas belum dapat mengcover semua CJH yang tertunda saat tahun 2020 dan 2021, ada alasan lainnya juga bisa menggagalkan CJH berangkat. 

BACA JUGA:Simak Syarat Kesehatan Terbaru yang Wajib Dipenuhi Calon Jemaah Haji Tahun 2023

Penting untuk disimak calon jemaah haji Indonesia. Terkait persyaratan kesehatan yang wajib dipenuhi dalam pelaksanaan haji tahun 2023. 

Berbeda dengan pelaksanaan umrah, khusus untuk penyelenggaraan ibadah haji, Arab Saudi masih memberlakukan sejumlah syarat kesehatan seperti di masa pandemi Covid-19.

Adapun persyaratan terbaru yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk calon jemaah haji sebagai berikut.

-Jamaah haji tahun 2023 wajib sudah menerima dosis lengkap vaksinasi Covid-19 sebelum berangkat ke Tanah Suci.

-Jemaah haji juga disyaratkan sudah mendapatkan vaksin meningokokus (meningitis) dan vaksin influenza musiman.

-Jemaah haji yang menderita penyakit kronis akut atau penyakit menular apa pun, tidak diperkenankan menyelenggarakan haji.

BACA JUGA:Ini Link Terbaru, 5 Cara Cek Nomor Porsi dan Kapan Berangkat Haji Tahun 2023

Bagi calon jemaah haji yang ingin mengetahui informasi tahun keberangkatan haji, Kementerian Agama telah menyediakan dua aplikasi untuk mengecek estimasi keberangkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: