Unik, Beberapa Kawasan di Palembang Ada Sebutan Laut Tapi Tidak Ada Laut, Kok Bisa?

Unik, Beberapa Kawasan di Palembang Ada Sebutan Laut Tapi Tidak Ada Laut, Kok Bisa?

Kota Palembang yang dibelah Sungai Musi, tampak dari udara. --net

PALEMBANG, SUMEKS.CO,- Kota PALEMBANG berada pada aliran Sungai Musi, namun ternyata ada sebagian daerahnya disebut laut

Seperti kawasan 16 Ulu Laut, 10 Ulu Laut, 2 Ulu Laut dan lainnya. 

Kok bisa, disebut laut padahal Kota Palembang tidak mempunyai laut seperti daerah lainnya.

Ternyata ini alasan, mengapa pada daerah tertentu orang Palembang menyebutnya dengan sebutan laut.

BACA JUGA:Bahasa Palembang Ini Sering Dipakai untuk Menunjukkan Keakraban Dikalangan Orang yang Tinggal di Perantauan

Letak geografis Kota Palembang secara umum terdapat wilayah daratan yang dialiri banyak anak sungai, yang mengalir dari Sungai Musi.

Menurut salah seorang sesepuh atau tokoh masyarakat bernama Umar Hasan (77) menuturkan, sebutan laut oleh masyarakat masih berkaitan dengan Sungai Musi.

"Dahulu Sungai Musi ini tidak seperti sekarang, masih sangat lebar," sebut Umar Hasan salah satu tokoh masyarakat dan sesepuh warga Kelurahan 2 Ulu Kota Palembang, Ahad 8 Januari 2023.

Bahkan, lanjutnya lebar aliran sungai Musi tersebut hingga banyak didapati kapal-kapal berukuran besar berlalu lalang dan singgah, dan membuat layaknya suasana seperti dermaga laut pada umumnya.

BACA JUGA:Legenda Serta Mitos Tragis Dibalik Asal-Usul Penamaan Talang Keranggo di Kota Palembang

Menurutnya, kondisi tersebut tidak bisa dipungkiri karena dahulu Sungai Musi dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Palembang ataupun dari luar Palembang sebagai jalur utama perdagangan.

Dia menerangkan, kapal-kapal besar yang dimaksudkan itu adalah kapal berjenis kapal Pinisi serta kapal lainnya terutama kapal nelayan pengangkut ikan.

Diterangkannya juga, kondisi sungai Musi dahulu selain banyak kapal juga masih banyak ditemui ikan-ikan sungai termasuk ikan berukuran besar dan menjadi mata pencaharian masyarakat saat itu.

Seperti nelayan dengan menggunakan perahu kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: