Lapas Kayuagung Apel Siaga Akhir Tahun, Razia Kamar Warga Binaan Hingga Tes Urine

Lapas Kayuagung Apel Siaga Akhir Tahun, Razia Kamar Warga Binaan Hingga Tes Urine

Warga binaan Lapas Kayuagung dikumpulkan untuk dilakukan razia, Jumat 30 Desember 2022.-Foto: dok/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kayuagung Kemenkumham Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan apel siaga akhir tahun, Jumat 30 Desember 2022.

Apel siaga tersebut diikuti seluruh petugas Lapas Kayuagung. Tujuannya guna meningkatkan kewaspadaan pasca Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023.

Kepala Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel, Reza Meidiansyah Purnama, yang bertindak sebagai pembina apel dalam amanatnya menyampaikan, kepada setiap pegawai yang bertugas khusus regu pengamanan agar lebih meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam.


Apel Siaga akhir tahun Lapas Kayuagung.-Foto: dok/sumeks.co-

Lanjut Reza, selain itu juga terus melakukan koordinasi dengan Polri, TNI, Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membantu pelaksanaan kegiatan sebagai kesiapan siagaan akhir tahun dan menjelang tahun baru 2023.

"Pihak kami tadi usai apel siaga langsung melakukan penggeledahan/razia kamar hunian Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP)," ujar Reza.

Pelaksanaan penggeledahan dilakukan oleh seksi administrasi keamanan dan ketertiban (Kamtib), Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP). Serta dibantu seluruh petugas Lapas Kayuagung. 

BACA JUGA:Tahun Baru, Pertamina Fokus Kawasan Wisata dan Potensi Bencana, SPBU Modular dan Motorist Amankan Pasokan BBM

"Petugas yang melakukan razia dibagi menjadi 2 tim kepada semua warga binaan," tegasnya. 

Dikatakan Kalapas, langkah razia ini dilakukan menindaklanjuti arahan dan perintah dari Dirjen Pemasyarakatan serta Kakanwil Kemenkumham Sumsel terkait Keamanan dan Ketertiban di Lapas/Rutan seluruh Indonesia.  

Yakni khususnya dalam menghadapi kewaspadaan akhir tahun dan menjelang Tahun Baru 2023.

Lebih Lanjut Reza menyampaikan, bahwa kegiatan penggeledahan ini merupakan salah satu tindakan preventif. Dilakukan sebagai upaya dan komitmen petugas dalam menekan dan mencegah masuknya barang-barang terlarang.

"Razia ini juga dilakukan untuk menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban dan untuk meminimalisir gangguan-gangguan keamanan dari barang-barang terlarang seperti handphone, narkoba, senjata tajam dan lainnya," jelas dia. 

BACA JUGA:Sah, Presiden Jokowi Resmi Cabut PPKM Covid-19 Mulai Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: