BPJS Kesehatan Prabumulih Buka Layanan Mobile Customer Service, Bisa Dengan Menggunakan KTP

BPJS Kesehatan Prabumulih Buka Layanan Mobile Customer Service, Bisa Dengan Menggunakan KTP

Ilustrasi--

PRABUMULIH, SUMEKS.COBPJS Kesehatan Cabang Prabumulih membuka layanan Mobile Customer Service (MCS) di wilayah Puskesmas Sukajadi Prabumulih.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yulisdina Natalia mengungkapkan bahwa kegiatan MCS ini juga merupakan salah satu kanal informasi BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan maupun informasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

 

Dirinya menyebut, Nomor Induk Kependudukan (NIK) kini resmi dapat digunakan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hal tersebut lantaran BPJS Kesehatan telah menggunakan sebagai nomor identitas peserta dengan tujuan penggunaan NIK ini adalah meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan akses kepada peserta. 

BACA JUGA:Tingkatkan Perekonomian, Dukung Pembangunan Jembatan Rantau Bayur

 

“Sesuai dengan regulasi yang berlaku, bahwa KTP sebagai identitas tunggal pelayanan publik. Oleh karena itu, peserta dapat mengakses layanan kesehatan tanpa menggunakan Kartu JKN. Cukup hanya menggunakan KTP atau KK saja sudah bisa dilayani di fasilitas kesehatan,” kata Yulisdina.

 

Melalui kegiatan layanan jemput bola ini, Yulisdina mengatakan BPJS Kesehatan juga memanfaatkan untuk mengajak masyarakat mengunduh Aplikasi Mobile JKN.

 

“Kita juga menginformasikan kepada peserta JKN yang datang berkunjung ke MCS untuk mengunduh aplikasi yang memiliki banyak manfaat seputar JKN yaitu Aplikasi Mobile JKN. Di aplikasi ini, peserta dapat melihat status kepesertaan, jumlah tunggakan iuran, mengubah data peserta, mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), hingga kartu digital. Jadi, kalaupun misalnya kita sedang tidak membawa KTP, bisa juga dengan menunjukkan kartu digital pada Aplikasi Mobile JKN agar kita dilayani di FKTP,” jelas Yulisdina.

 

Kegiatan MCS di Kota Prabumulih ini dilakukan setiap hari yaitu dari Senin sampai dengan Jumat dengan lokasi yang berbeda-beda. Kegiatan MCS di Puskesmas Sukajadi ditanggapi positif oleh Pengganti Sementara Kepala Puskesmas Sukajadi, Septi Lusiana (39).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: