Kapal Tanker Minyak Terjebak Macet di Laut Turki, Ada Apa?

Kapal Tanker Minyak Terjebak Macet di Laut Turki, Ada Apa?

Kapal tanker minyak yang antre di laut Turki. foto: Ole Berg-Rusten/NTB/via REUTERS) --

TURKI, SUMEKS.CO - Tak hanya moda transportasi darat yang sering mengalami kemacetan di tengah jalan. Moda transportasi laut pun mengalami hal serupa. Belasan kapal tanker minyak yang melintas di laut lepas Turki mengalami kemacetan hingga hari ini Jumat 9 Desember 2022.

Agen pelayaran Tribeca mengatakan sebanyak 19 kapal tanker terjebak, naik dari hari sebelumnya 16 kapal. Kapal-kapal tersebut ingin mengirimkan minyak ke kawasan negara bagian Selatan. Rute yang dilalalui dari pelabuhan Rusia kemudian melalui selat Bosphorus, Dardanella Turki kemudian ke Mediterania.

Namun, saat ini kapal-kapal tersebut masih terjebak dan antre di laut lepas Turki. Informasinya mereka antre karena masih menunggu surat asuransi yang menjadi syarat lewatnya kapal di lautan Turki.

Kementerian Transportasi dan Infrastruktur Turki baru saja mengeluarkan aturan pada 16 November. Aturan itu memberlakukan kapal harus memiliki asuransi perlindungan dan ganti rugi (P&I).

Peraturan baru tersebut berlaku mulai 1 Desember 2022. Asuransi itu berlaku untuk semua keadaan saat berlayar melalui perairan Turki atau saat berlabuh di pelabuhan.

BACA JUGA:Kapal Mulai Bersandar di Dermaga Pelabuhan Srimenanti Tanjung Lago

"Perlu untuk mengonfirmasi bahwa asuransi P&I masih berlaku dan inklusif selama perjalanan kapal kargo, terutama produk minyak mentah melalui Turki Selat. Dianggap sebagai solusi yang paling hemat biaya dan masuk akal untuk menerima surat konfirmasi tambahan bahwa kapal masih akan ditanggung oleh asuransi P&I yang valid selama pelayaran ini," isi dari surat tersebut yang didapat Reuters, dikutip Jumat 9 Desember 2022.

Praktis, sejak peraturan tersebut berlaku, satu kapal tanker yang ditanggung oleh perusahaan asuransi Rusia Ingosstrakh dapat berlayar setelah surat diserahkan.

Namun, kebijakan itupun dikritisi oleh berbagai pihak. Karena aturan tersebut menyebabkan kapal terjebak dan pengiriman akan tertunda dalam waktu yang lama.

Asosiasi Kamar Pelayaran Internasional (ICS), yang mewakili lebih dari 80 persen armada kapal dagang dunia, mengatakan pihaknya mengharapkan penyelesaian cepat atas masalah tersebut.

"Kami menyadari bahwa diskusi tingkat tinggi sedang dilakukan untuk memberikan kejelasan tentang persyaratan pemerintah Turki bahwa kapal tanker minyak mentah yang memasuki atau transit perairan Turki harus memberikan jaminan dari asuransi pemilik bahwa pertanggungan akan tetap ada, bahkan jika terjadi pelanggaran sanksi," kata juru bicara ICS. (detik.com/dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: