Liburan ke Palembang, Kunjungi Rumah Ong Boentjiet Lengkap dengan Paket Kuliner

Liburan ke Palembang, Kunjungi Rumah Ong Boentjiet Lengkap dengan Paket Kuliner

Rumah Ong Boentjiet. foto: fadli sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Libur sekolah jelang Natal dan Tahun Baru segera tiba, yuk kita intip beberapa tempat wisata yang berada di wilayah Seberang Ulu I Palembang, yang tidak kalah seru dan menyenangkan.

Diantaranya wisata seru ke Rumah Ong Boentjiet, yang mana lokasi rumah yang konon berusia ratusan tahun ini terletak persis di pinggiran Sungai Musi Palembang. Rumah singgah yang berarsitektur khas Tionghoa ini dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata serta edukasi sejak lima tahun silam.

Rumah panggung tersebut memiliki empat kamar, satu ruangan utama, ruang keluarga, satu ruang makan dan dapur serta gudang di bagian belakang. Sebelum memasuki rumah, pada pintu masuk, wisatawan akan disambut dengan berbagai ukiran-ukiran Mandarin khas Tionghoa.

Untuk menuju wisata rumah Ong Boentjiet, bisa melalui dua alternatif jalan, yakni bisa menggunakan perahu getek menelusuri Sungai Musi dari dermaga Benteng Kuto Besak Palembang yang berjarak tempuh hanya 10 menit dari dermaga.

BACA JUGA:Berkunjung ke Palembang, Jangan Lupa 7 Destinasi Wisata ini

Dan jika melalui jalur darat yakni memalui Jalan KH Faqih Usman, Lr Jaya Laksana Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan SU I Palembang,

Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan jalur darat, akan ada papan petunjuk arah dimulai dari sejak anda memasuki Lr Jaya Laksana, sembari menelusuri rumah warga yang sebagian besar memiliki usaha kerajinan daun dan lidi nipah.

Untuk harga paket wisata Rumah Ong Boentjiet yang berdiri sejak abad ke-18 ini pun sangat ramah di kantong, Anda cukup mengeluarkan uang Rp40 ribu per orang dengan minimal 20 orang, sudah termasuk makan siang bersama di Rumah Ong Boentjiet dengan menu sesuai dengan keinginan pengunjung.

"Untuk menu makan siang, itu kami sesuaikan dengan permintaan dari pengunjung itu sendiri, misalnya mau pindah patin kami akan buatkan," kata Ani Srimayanti (50) pemilik sekaligus pengelola wisata Rumah Ong Boentjiet ditemui Ahad 4 Desember 2022.

Wanita yang akrab di sapa Cek Ani ini juga menerangkan, tidak hanya paket wisata kelompok, ada juga untuk umum perorangan, dengan cukup mengeluarkan uang Rp10 ribu per orang sebagai tiket masuk, Anda bisa menikmati wisata Rumah Ong Boentjiet sepuasnya dan terdapat banyak lokasi untuk berswafoto yang  Instagramable.

BACA JUGA:Cek 10 Destinasi Wisata di OKU Selatan

Tidak hanya itu, lanjut Cek Ani, wisatawan yang berkunjung ke rumah Ong Boen Tjier menjelang sore hari tiba dapat menikmati keindahan Sunset dari pinggiran Sungai Musi.

Pasca pandemi COVID-19 melanda, lanjut ibu tiga anak ini, jumlah pengunjung atau wisatawan cenderung mengalami peningkatan setiap harinya. Tidak hanya wisatawan lokal dari Palembang, namun juga dari luar kota.

"Ada juga dari luar kota Palembang, seperti Prabumulih, Muara Enim, bahkan mahasiswa dari seluruh Universitas juga tercatat berkunjung kesini," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: