Maroko Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Prestasi 36 Tahun Lalu Terulang

Maroko Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Prestasi 36 Tahun Lalu Terulang

Fans Maroko merayakan kemenangan timnas yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar di Al Thumama Stadion, Doha. foto: al jazeera --

QATAR, SUMEKS.CO - Salah satu kontestan Piala Dunia 2022 Qatar, yang berhasil lolos ke babak 16 besar adalah Maroko. 

Kepastian Maroko melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar setelah menundukkan Kanada dengan skor 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup F, Kamis malam WIB.

AFP melaporkan, kemenangan Maroko, dicetak oleh Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri dan membawa tim dari Afrika Utara itu menduduki puncak klasemen mengungguli runner-up Piala Dunia 2018 - Kroasia, yang lolos setelah menahan imbang Belgia dengan skor 0-0.

Prestasi Maroko masuk ke 16 besar pada Piala Dunia 1986. Maroko akan berhadapan dengan runner-up Grup E, yakni Spanyol pada babak 16 besar.

Sementara, Kanada tampil mengecewakan dan harus angkat koper dari Piala Dunia tahun ini setelah kalah dalam tiga pertandingan grup mereka saat kembali ke putaran final yang telah lama ditunggu-tunggu. Maroko pada pertandingan sebelumnya, Minggu mampu menggulingkan Belgia dengan 2-0, hanya membutuhkan hasil seri saat melawan Kanada untuk memastikan maju ke 16 besar. Namun, dalam pertandingan di Stadion Al Thumama itu, Maroko dapat membuka skor ketika laga baru berjalan empat menit.

BACA JUGA:Meksiko Gagal Masuk 16 Besar Piala Dunia 2022, Sejarah Baru Sejak 1978

Kapten sekaligus penjaga gawang Kanada Milan Borjan berlari keluar dari barisan untuk menyapu backpass Steven Vitoria tetapi hanya bisa menyaksikan bola jatuh ke kaki pemain Hakim Ziyech. Bintang Chelsea itu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melesakkan bola ke gawang kosong.

Ketinggalan pada awal laga membuat Kanada kewalahan, sebaliknya Maroko semakin mendominasi dengan tambahan gol pada menit ke-23.

Bola panjang bek kanan Achraf Hakimi disambut En-Nesyri dari belakang sebelum menyarangkan bola ke tiang dekat untuk menaklukkan Borjan. Kanada membalaskan satu gol melalui serangan yang jarang terjadi lima menit menjelang turun minum ketika bek Sam Adekugbe melewatkan bola di sisi kiri gawang dan melepaskan umpan silang rendah.

Bek Nayef Aguerd menjulurkan kakinya dan bola berbelok ke gawang melewati kiper Maroko Yassine Bounou untuk mengubah kedudukan 2-1. Maroko dalam klasemen grup mengoleksi tujuh poin dari dua kali menang dan sekali seri, sedangkan Kroasia berada pada urutan kedua dengan lima poin setelah mencatat sekali menang dan dua kali seri.(antara/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: