Perdana Digelar, Sumsel Provinsi Pertama di Indonesia jadi Tuan Rumah Poparnas

Perdana Digelar, Sumsel Provinsi Pertama di Indonesia jadi Tuan Rumah Poparnas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno membuka Poparnas.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumsel terpilih jadi tuan rumah Pekan Olahraga Pariwisata (Poparnas) 2022, yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia.

Sebanyak 358 peserta dari Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di bawah naungan Kemenparekraf, Dinas Pariwisata dan kampus negeri maupun swasta yang memiliki jurusan atau program studi kepariwisataan mengikuti Poparnas 2022, di kampus Poltekpar Palembang, Sabtu 19 November 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, perhelatan olahraga bagi mahasiswa dan instansi pariwisata ini digelar perdana. Provinsi Sumsel terpilih menjadi tuan rumah karena memiliki fasilitas yang memadai.

"Poparnas tak sekadar pertandingan olahraga yang memperebutkan Piala Menparekraf, tapi sebagai pemacu dan penanda bahwa pariwisata Indonesia sudah bangkit," ungkap Sandiaga Uno usai membuka Poparnas.

BACA JUGA:Bandara SMB II Palembang Belum Tambah Jadwal Penerbangan Untuk Libur Nataru 2022

Tak hanya itu, Sandiago Uno juga mengungkapkan, Poparnas ini kedepannya akan melibatkan seluruh sekolah pariwisata baik itu dibawah naungan Kemenparekraf atau pun swasta. Tujuannya, guna menjalin silaturahmi dan membangkitkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

"Tentu kita harapkan kegiatan ini digelar setiap tahun," tuturnya.

Sementara, Direktur Poltekpar Palembang, Anwari Masatip, menjelaskan, ada enam cabang olahraga utama yang dipertandingkan untuk merebut Piala Menparekraf, lalu ada empat cabang olahraga yang digelar untuk pertandingan ekshibisi.

Diantaranya, cabor utama yang dipertandingkan yakni bulu tangkis, futsal, tenis meja, basket 3on3, e-sport Mobile Legends, dan pencak silat. Ada juga side event dengan lomba menari, festival musik, talk show, dan penampilan unik serta menarik dari mahasiswa Poltekpar Palembang sebagai tuan rumah kegiatan.

BACA JUGA:Kembali Menggaung ke Pasar Ekspor, KemenKopUKM Selamatkan CV Real Issue dari Titik Nadir

"Poparnas dilaksanakan di dua tempat, yakni OPI Futsal Jakabaring dan kampus Politeknik Pariwisata Palembang. Selanjutnya, tuan rumah penyelenggaraan Poparnas selanjutnya ditentukan dari peraih juara umum," bebernya.

Selain itu, Poparnas juga melibatkan UMKM yang ada di Palembang pada kegiatan Sport Tourism Festival sebagai side event. Setidaknya ada sekitar 23 UMKM yang ikut bergabung untuk memeriahkan Poparnas perdana.

"Ada juga berbagai UMKM yang kita tampilkan, semoga ini dapat membangkitkan semangat untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi di Sumsel," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: