Tingkatkan Budaya Membaca pada Anak, SMAN 1 Payaraman Gelar Festival Literasi

Tingkatkan Budaya Membaca pada Anak, SMAN 1 Payaraman Gelar Festival Literasi

Kepala SMAN 1 Payaraman, Sugiyarto, menyematkan selempang kepada Duta Literasi SMAN 1 Payaraman pada Festival Literasi yang diselenggarakan SMAN 1 Payaraman, Kamis, 17 November 2022.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Upaya menanamkan budaya membaca kepada anak didiknya, SMA Negeri 1 Payaraman menggelar Festival Literasi, Kamis, 17 November 2022.

Kepala SMAN 1 Payaraman, Sugiyarto mengungkapkan, Literasi merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki SMAN 1 Payaraman. Ada dua kegiatan Literasi yang diperlombakan, yakni, Literasi digital dan Literasi membaca.

Literasi digital berupa lomba film pendek, live podcast, live streaming, video pembelajaran, dan video profil sekolah. Sedangkan Literasi membaca berupa lomba membaca puisi, baca Undang-Undang Dasar 1945, Tahfidz Quran, dan menulis cerita pendek.

"Adapun salah satu tujuan dari Festival Literasi ini adalah untuk meningkatkan rapor mutu sekolah, yang mana berhubungan dengan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)" terang Sugiyarto.

BACA JUGA:Perayaan HUT Kabupaten Muara Enim Diundur Senin

Karena, menurut Sugiyarto, dalam ANBK tersebut ada tiga nafas untuk meningkatkan rapor mutu sekolah, yakni, literasi, numerasi, dan survei lingkungan sekolah.

Kemudian, tujuan kedua diselenggarakannya Festival Literasi ini adalah menanamkan kepada anak-anak bahwa membaca merupakan budaya bukan hanya sebatas kewajiban saja.

"Karena semua kegiatan apapun yang ada di sekolah itu melalui membaca. Harus dibaca dulu barulah kita tahu apa maksud dan tujuannya," lanjutnya.

BACA JUGA:Truk Batubara Masih Kucing-Kucingan Melintas

Tujuan ketiga, kata Sugiyarto, adalah untuk menelurkan Duta Literasi tingkat sekolah di SMAN 1 Payaraman. Yang mana harapannya nanti bisa mewakili Kabupaten Ogan Ilir bahkan Provinsi Sumsel ke tingkat yang lebih tinggi.

"Ketika nanti apabila kita diminta untuk mengirimkan perwakilan dari sekolah, maka kita sudah siap," katanya lagi.

Pada kesempatan ini, diadakan pemilihan kelas terbaik dan juga kelas terburuk se-SMAN 1 Payaraman. Festival Literasi yang diselenggarakan SMAN 1 Payaraman ini bertepatan dengan memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan 2022.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: