250 Rumah di 4 Desa Terendam Banjir, Pj Bupati Minta Perusahaan Turut Bantu Warga Terdampak

250 Rumah di 4 Desa Terendam Banjir, Pj Bupati Minta Perusahaan Turut Bantu Warga Terdampak

Bantuan korban banjir di Muba mulai disalurkan.-Foto: dokumen/sumeks.co-

MUBA, SUMEKS.CO - Sebanyak 250 rumah terendam banjir di Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Pemerintah mulai memberikan bantuan bantuan dan evakuasi terhadap korban terdampak banjir.

Penjabat Bupati Muba, H. Apriyadi Mahmud juga menginstruksikan pihak perusahaan untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. 

"Selain bantuan dari Pemkab Muba, saya juga telah berkoordinasi dengan Camat Tungkal Jaya untuk melibatkan pihak perusahaan sekitar turut juga memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir," kata Apriyadi. 

Diketahui, banjir tersebut disebabkan oleh curah hujan tinggi yang menyelimuti Kabupaten Muba khususnya di Kecamatan Tungkal Jaya yang terjadi sejak satu minggu belakangan. 

BACA JUGA:Update Kasus COVID-19 di Musi Banyuasin: 10 Kasus Sembuh, Tambah 4 Positif

Mantan Kadinsos Pemprov Sumsel ini mengaku, banjir juga terjadi di beberapa Kecamatan lainnya di Muba. Termasuk juga di Kecamatan Bayung Lencir yang berdampak ke ratusan kepala keluarga. 

"Saya minta agar warga patuh untuk dilakukan evakuasi. Jangan memaksakan untuk bertahan di rumah yang terkena banjir. Karena kita sudah siapkan tempat pengungsian," pesannya. 

Ditegaskan Apriyadi, Pemkab Muba juga terus memonitor kesehatan warga terdampak banjir di Muba.

"Saya selalu memantau warga yang terdampak banjir, semoga segera surut agar warga kembali beraktifitas seperti biasa," harapnya. 

Sementara itu Camat Tungkal Jaya, Sugeng Riyadi mengatakan, setelah mendapatkan arahan bupati untuk berkoordinasi dengan Perusahaan di wilayah Tungkal Jaya, ia mengaku sejumlah bantuan dari perusahaan mulai didistribusikan. 

"Ya, misalnya dari Tempirai Energi yang memberikan bantuan sembako, dari Medco ada selimut, tas sekolah, pakaian, dan tikar untuk di pengungsian sementara," urainya. 

BACA JUGA:Pabrik CPO Kekurangan Bahan Baku, Harga TBS Sawit di Bangka Belitung Naik

Ia merinci, adapun Desa yang terdampak banjir di Tungkal Jaya yakni diantaranya Desa Peninggalan 60 rumah, Desa Suka Damai 150 rumah, Desa Pandan Sari 30 rumah, dan Desa Berlian Jaya 10 rumah. 

"Kita berharap banjir segera surut, Alhamdulillah perhatian dari Pak Bupati Apriyadi terus mengecek kondisi warga Tungkal Jaya dan terus memastikan sarana prasarana warga terdampak dapat difasilitasi dengan baik," pungkas Sugeng. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: