Perempuan 21 Tahun, Laki Laki 25 Tahun

Perempuan 21 Tahun, Laki Laki 25 Tahun

--

Usia Terbaik Menikah Bagi Remaja

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago bersama BKKBN RI melakukan sosialisasi keluarga berencana dan pencegahan stunting di Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Selasa 8 November 2022.

Warga Desa Segamit pun antusias menyambut anggota DPR RI dan BKKBN dengan tarian selamat datang sesuai dengan tarian adat di Desa tersebut.

Tak ketinggalan, selain diberikan sosialisasi kesehatan dan pengetahuan seputar kesehatan dan pencegahan stunting. Warga yang beruntung dan berhasil menjawab pertanyaan dengan benar juga diberikan doorprize berupa hadiah menarik yang membuat warga tambah bersemangat mendengarkan paparan.

Irma Suryani Chaniago, dalam kesempatan itu menyebutkan, stunting bisa saja terjadi lantaran kurang vitamin, kurang gizi, pola asuh anak yang kurang baik dan juga tidak memeriksakan kehamilan ke Puskesmas. "Untuk itu, semuanya harus dihindari," ajaknya.

BACA JUGA:Oknum DPRD Musi Rawas Pesta Sabu Bareng Disc Jockey dan Pemandu Lagu Cantik, Akui Sudah 6 Bulan Pakai Narkoba

Lebih lanjut, wanita berkacamata itu mengimbau, bagi laki laki dan perempuan yang ingin menikah sebagusnya di usia 25 tahun untuk laki laki dan usia 21 tahun untuk perempuan. "Karena di usia 25 tahun, laki laki biasanya siap menjadi Bapak secara psikologi dan biasanya juga sudah bekerja dan perempuan 21 tahun rahimnya sudah siap mengandung," jelasnya. 

Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel, Medi Heryanto SH MH menambahkan, anak anak kita diharapkan mendapatkan pekerjaan dan memperoleh penghasilan yang layak. "Ini sebagai bekal mereka dalam rangka memasuki jenjang kehidupan berkeluarga atau menikah dan tidak menjadi beban keluarga," sebutnya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada seluruh yang hadir agar anak anak kita semua tidak menikah terlalu dini yang dapat memicu terjadinya stunting. "Jadi, kita dorong anak anak kita meraih pendidikan setinggi tinggi nya dan mendapatkan pengetahuan sebanyak banyaknya sebagai bekal mendapatkan pekerjaan yang layak dan penghasilan yang layak," sebutnya.

Setelah mendapatkan penghasilan yang layak, barulah berencana untuk menikah dimana ajakan dan saran dari BKKBN sebaiknya menikah di umur 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki laki. "Ini ajakan, bukan paksaan," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: