Lima Manfaat Kencur, Nomor 2 Obat Diare

Lima Manfaat Kencur, Nomor 2 Obat Diare

Kencur. foto: ricardo jpnn.com--

Mengonsumi ramuan kencur digadang-gadang bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Ramuan kencur yang dicampur dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak.

Selain bisa menjadi obat batuk, ternyata bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih lega.

4. Mencegah Karies Gigi

Sifat antimikroba yang ada di dalam kencur ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan. Kandungan tersebut bisa membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh.

Pasalnya, jika dibiarkan makin banyak, bakteri tersebut bisa mengakibatkan munculnya kerusakan gigi, seperti karies gigi. Penyakit yang biasanya dialami oleh anak-anak ini akan membuat gigi rusak karena menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Pedagang Bumbu Jadi Idola

5. Bahan Dasar Jamu

Kencur merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu, entah itu jamu tradisional maupun modern buatan pabrik. Minuman jamu ini sering disebut dengan beras kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, serta gula merah. Khasiat kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak napas, pilek, dan sakit kepala.(genpi/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: