Lima Manfaat Kencur, Nomor 2 Obat Diare

Lima Manfaat Kencur, Nomor 2 Obat Diare

Kencur. foto: ricardo jpnn.com--

SUMEKS.CO - Tumbuhan di sekitar rumah bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti kencur, lengkuas, jahe, kunyit dan lainnya yang bisa membantu mengatasi beberapa penyakit kronis. Kencur merupakan salah satu tumbuhan lainnya dilengkapi dengan daun dan bunga.

Selain bisa digunakan sebagai bumbu, kencur memiliki berbagai komposisi zat yang terkandung, yakni pati, mineral, sineol, asam metil kanil, asam sinamat. Senyawa kimia lainnya yang ada di dalam kencur yakni etil p-metoksisinamat, p-metoksistiren, karen, borneol, dan parafin.

Dari beberapa kandungan kimia ini, etil p-metoksisinamat merupakan komponen utama dari kencur.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA:Tak Perlu Lagi ke Pasar untuk Beli Sayur dan Bumbu Dapur

1. Menghilangkan Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang dan akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Hasil penelitian tersebut turut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang memanfaatkan air kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

2. Mengobati Diare

Hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan hal menarik. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh sebab itu, kencur dipercaya bisa menjadi salah pilihan pengobatan manjur untuk diare.

Penelitian melakukan pada hewan coba yang dibagi menjadi 2 kelompok, kedua kelompok tersebut telah diberikan minyak jarak dengan cara diminum (oral) guna menimbulkan diare.

BACA JUGA:Harga Bawang Merah dan Bumbu Dapur Merangkak Naik

Faktanya, hewan coba yang menerima ekstrak kencur menunjukkan tanda-tanda dan gejala diare khas yang lebih ringan, bahkan berangsur hilang. Sedangkan kelompok hewan coba lainnya yang tidak mendapatkan ekstrak kencur, mengalami gejala diare terus-menerus. Misalnya feses cenderung cair, sakit perut, dan frekuensi buang air besar sering.

3. Mengobati Batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: