Bupati Ogan Ilir Minta Baznas Tak Endapkan Zakat ASN

Bupati Ogan Ilir Minta Baznas Tak Endapkan Zakat ASN

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, melantik Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten Ogan Ilir periode 2022-2027 di Ruang Rapat Utama Bupati, Kamis, 3 November 2022.-Hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Ilir tidak mengendapkan zakat dari aparatur sipil negara (ASN).

Permintaan itu disampaikan Panca pada pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Baznas Ogan Ilir periode 2022-2027, di Ruang Rapat Utama Bupati, Kamis, 3 November 2022.

"Kepada Baznas Kabupaten Ogan Ilir supaya tidak mengendapkan uang zakat ASN, dan fokuskan menggunakan untuk bedah rumah dan bencana," katanya.

Panca mengatakan, proses terpilihnya lima anggota Baznas Kabupaten Ogan Ilir ini melalui proses panjang. Ada 10 nama yang dikirim ke Baznas pusat sebelum ditentukan lima orang terpilih.

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir Ambil Keterangan Wanita Pemeran Video Bugil di TikTok

"Untuk itu saya berharap bekerjalah secara maksimal," harapnya saat menyampaikan sambutan.

Panca juga menegaskan kepada Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten Ogan Ilir supaya tidak banyak menyimpan uang. Pasalnya, menurut informasi, saat ini kas Baznas Kabupaten Ogan Ilir mencapai Rp 3 miliar.

"Karena banyak yang membutuhkan, jadi kalau bisa Rp2,5 miliar itu manfaatkan untuk membantu masyarakat. Biarlah sisakan Rp500 juta saja di kas," perintahnya.

Panca juga menginginkan, dalam satu bulan Baznas Kabupaten Ogan Ilir bisa membedah 10 rumah tidak layak huni di Kabupaten Ogan Ilir. Kemudian, proses pengerjaan juga harus dipercepat.

BACA JUGA:Polsek dan Koramil Tanjung Batu Siagakan Personel di Desa Tanjung Lalang

"Selama ini kan paling cepat lima bulan baru selesai perbaikan rumahnya, nah ke depan paling tidak satu bulan harus selesai atau bila perlu dalam hitungan hari," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Baznas Kabupaten Ogan Ilir, Muhsin Abdullah mengungkapkan, penentuan lima orang terpilih Baznas ini melalui tahapan panjang. Yakni, dari kabupaten, provinsi dan pusat untuk periode 2022-2027. 

"Terpilihnya lima orang ini merupakan salah satu upaya agar dapat melanjutkan tugas dan fungsi Baznas untuk menghimpun zakat dari para ASN," katanya.

Adapun komposisi Baznas Kabupaten Ogan Ilir periode 2022-2027, diketuai oleh Sidharta, dengan para wakilnya Ahmad Maulidin, Amir Hamzah, Suhaimi, dan Azhari Adan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: