Hari Santri, Pj Bupati Apriyadi: 2023 Pemkab Muba Gelontorkan 15 Miliar Untuk Operasional Ponpes

Hari Santri, Pj Bupati Apriyadi: 2023 Pemkab Muba Gelontorkan 15 Miliar Untuk Operasional Ponpes

Pj Bupati Muba H Apriyadi menghadiri acara Peringatan Hari Santri Nasional 2022.-Foto: Dok. Sumeks.co-

SUNGAI LILIN, SUMEKS.CO - Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berlangsung meriah. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan H Basir Simpang B2 Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba. Senin 24 Oktober 2022.

Acara ini diawali dengan solawatan bersama yang dipimpin para ustaz diikuti santri-santri dan tamu undangan, kemudian dilanjutkan tausiyah.

Dihadiri Pj Bupati Muba H Apriyadi, Peringatan Hari Santri Nasional dibarengi dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selain Pj Bupati Muba, hadir juga Dandim 0401 Muba Letkol Arh Dede Sudrajat SH, Anggota DPRD Muba Iwan Aldes, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan SIP MSi, para pimpinan Pondok Pesantren, dan para santri dan santriwati.

BACA JUGA:Muba Studi Komparasi Aplikasi SATU DATA di Kota Batu, Jatim

Pj Bupati Muba H Apriyadi mengucapkan selamat hari Santri Nasional tahun 2022 dan mengapresiasi kepada Forum Ponpes Muba dan pimpinan pondok pesantren telah menyelenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga Mantan Kabag Kesra Setda Muba ini mengatakan, jajaran Pemerintah Kabupaten Muba tetap komitmen akan bekerjasama dengan semua pihak terutama dengan Forum Ponpes Muba. 

"Komitmen kerjasama ini kita wujudkan dengan bantuan operasional kepada pondok pesantren di Kabupaten Muba yang insyaallah akan kita alokasikan sebesar Rp.15 Miliar di tahun 2023. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, kami harapkan DPRD mendukung program pemerintah dalam rangka bersinergi dengan ponpes di Muba," ucapnya.

Disamping itu dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Muba Mengimbau dan mengajak semua elemen masyarakat sama-sama menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Muba, sesuai tema Peringatan Hari Santri Nasional Pondok Pesantren tahun ini "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".

BACA JUGA:Realisasi Nyata Instruksi Presiden Jokowi, Pj Bupati Apriyadi dan Kodim 0401 Panen Jagung di Muba

"Mari kita tingkatkan solidaritas antar umat beragama dan antara agama. Karena dengan suasana kondusif kita bisa membangun kabupaten yang kita cintai ini lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara Ketua Forum Pondok Pesantren Kabupaten Muba K.H. Asep Nur Muhammad Hidayat, mengatakan Peringatan Hari Santri Nasional sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW itu diikuti empat kecamatan yang tergabung dalam zona empat yakni Kecamatan Sungai Lilin, Babat Supat, Keluang dan Kecamatan Lais, dengan total peserta sebanyak 28 Pondok Pesantren.

"Selamat datang kepada Pj Bupati Muba, kami bahagia sekali setiap kali peringatan hari santri dihadiri Pj Bupati. Ini menandakan pemerintah peduli ponpes di Muba, ini menandakan kesepahaman antara ulama dan umaro, mudah-mudahan kita terus maju membangun Muba di masa depan," ucapnya.

Ia menyebutkan Pemkab Muba sangat memperhatikan ponpes bukan tahun ini saja, semua ponpes mengakui bahwa pedulinya pemerintah sejak tahun 2003, segala kegiatan ponpes di dukung pemerintah, termasuk bantuan yang diberikan, diantaranya para pimpinan ponpes diumrohkan dan dihajikan, hingga bantuan operasional mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: