Material Pengerjaan Fisik TMMD Diangkut Gunakan Troli ke Lokasi, Terkendala Cuaca

Material Pengerjaan Fisik TMMD Diangkut Gunakan Troli ke Lokasi, Terkendala Cuaca

Satgas TMMD bersama masyarakat membawa material menggunakan troli menuju lokasi pengerjaan jembatan. Foto: Niskiah/Sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS. CO - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0402/OKI tahun ini di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk pengerjaan fisik bangunan terkendala cuaca, sehingga material diangkut menggunakan troli dan sepeda motor menuju lokasi. 

"Karena sering hujan terkadang setiap malam, sehingga membuat akses jalan rusak jadi material sulit dibawa menggunakan mobil. Jadi material diangkut menggunakan troli dan sepeda motor oleh Satgas kita," ungkap Koordinator Lapangan TMMD ke-115 Kodim 0402/OKI Kapten Inf Ade Webysana, kepada SUMEKS.CO, Minggu 23 Oktober 2022.

Ade menjelaskan, dalam pengerjaan fisik bangunan berupa dua jembatan, pembukaan akses jalan sepanjang 7 KM dengan pengerasan, box culvert dan pengerjaan fisik lainnya terkendala cuaca. Dimana hujan sering turun pada malam hari. Membuat jalan untuk membawa material menjadi rusak dan tidak bisa dilalui mobil. 

Akibatnya itu, kata Ade, solusi satu-satunya untuk membawa material ke lokasi pembangunan jembatan, jalan dan box culvert adalah dengan menggunakan troli dan sepeda motor. 

BACA JUGA:Merasa Dipermainkan, Warga Lingga Ancam Tutup Tambang PTBA

"Material yang dibawa dengan troli dilakukan bergotong royong bersama masyarakat Desa. Maka pengerjaan pembangunan tidak terhenti dan terus dikebut," tegasnya yang pernah bertugas memenuhi misi perdamaian di Lebanon. 

Masih kata dia, untuk kendala lain tidak ada, meskipun terkendala cuaca tersebut, tetapi tetap yakin selesai tepat waktu pengerjaan fisik bangunan ini. Dengan alasan pengerjaan tanpa henti yakni dilakukan setiap hari bersama masyarakat. 

Seperti pengerjaan bangunan MCK Besemah 44, 90 persen pengerjaan bangunan fisiknya telah selesai hanya tinggal finishing saja. Begitu pula dengan pembangunan sumur bor juga 95 persen selesai. 

"Pengerjaan jalan dan jembatan telah capai 45 persen. Untuk pembangunan lapangan bola volley telah capai 75 persen sedangkan pembangunan lapangan  sepakbola telah capai  65 persen. Insyaallah semuanya selesai tepat waktu," tuturnya. 

BACA JUGA:TWKS Palembang Diyakini Tempat Transaksi Jual Beli Kerajaan Sriwijaya

Dia menambahkan, dalam mendukung pengerjaan fisik berjalan baik dan selesai waktu dilakukan pengecekan kesiapan semua satgas untuk tugasnya masing-masing. 

Terpisah Kepala Desa Cahya Bumi, Komarodin SE, menuturkan, adanya antusias masyarakat membantu dalam pengerjaan fisik ini yakin selesai tepat waktu meskipun terkendala cuaca. Untuk progres semua sasaran sudah diatas 65 persen lebih. Semua sudah berjalan sesuai titik sasaran masing-masing. Semua pembangunan fisik sangat diperlukan masyarakat. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: