Deklarasi Damai, 7 Calon Kades di Prabumulih Siap Menang Siap Kalah

Deklarasi Damai, 7 Calon Kades di Prabumulih Siap Menang Siap Kalah

Tujuh Calon Kepala Desa (Kades) dari Desa Talang Batu dan Rambang Senuling menggelar aksi damai di Mapolres Prabumulih. Foto : Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Sebanyak tujuh Calon Kepala Desa (Kades) dari Desa Talang Batu dan Rambang Senuling yang bakal mengikuti Pilkades serentak tahun 2022 menggelar aksi damai di Halaman Mapolres PRABUMULIH, Senin 10 Oktober 2022. 

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Kota Prabumulih, A Fauzan Akmal menjelaskan, pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 digelar di dua Desa yakni Desa Talang Batu dan Desa Rambang Senuling

Pihaknya pun berharap tidak ada potensi konflik dan kerawanan selama pelaksanaan dan usai pelaksaan pencoblosan yang rencananya akan diadakan pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Sementara itu, untuk pengamanan Pilkades Serentak, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Prabumulih dan instansi terkait lainnya. 

BACA JUGA:588 Calon Kades di Ogan Ilir Deklarasikan Siap Kalah dan Siap Menerima Kekalahan

"Deklarasi damai kita gelar ini, kita harapkan tujuh Calon Kades menjaga komitmen siap kalah dan siap menang," sebutnya. 

Sementara, Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri menambahkan, tahun ini akan melaksanakan Pilkades Serentak di dua Desa. Sebelumnya, pihaknya sudah melaksanakan Pilkades di tujuh desa dan berlangsung aman dan kondusif. 

"Pilkada Serentak 2022 ini hanya dua desa. Kita berharap dapat berjalan lancar aman dan tertib tanpa kejadian menonjol apa pun," imbuhnya.

Pasalnya, kata dia, dirasa tidak elok Pilkades Serentak hanya dua desa namun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Keluarga Calon Kades Dilaporkan Nyaris Ditembak, Pilkades Serentak Muratara Mulai Panas

"Makanya kita tekankan agar menjaga keamanan dan ketertiban di dua desa tersebut selama pelaksanaan Pilkades Serentak 2022. Terima kekalahan dan terima hasil," sambungnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi menyampaikan, Pilkades Serentak 2022 akan dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Rambang Senuling sebanyak dua calon dengan 450 mata pilih. Lalu, Desa Talang Batu sebanyak 5 calon dengan 891 mata pilih. 

"Adanya Pilkades Serentak 2022 ini. Dinamika akan meningkatkan, memicu kerawanan kamtibmas dan hal itu perlu diantisipasi," jelasnya.

Dia mengingatkan, agar para Calon Kades bersaing secara sehat, siap kalah dan siap menang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: