Daftar Pertandingan Sepakbola yang Paling Mematikan di Dunia, Arema vs Persebaya Nomor 2

Daftar Pertandingan Sepakbola yang Paling Mematikan di Dunia, Arema vs Persebaya Nomor 2

Kerusuhan Arema FC verses Persebaya menelan 129 korban jiwa, Sabtu malam 2 Oktober 2022, maka peristiwa tragis menjadi catatan sejarah dunia.-foto:net-

 

2. Bencana Stadion Olahraga Accra 127 Orang Tewas

Stadion besar dengan kerumunan besar Hampir tepat 37 tahun kemudian, pada 9 Mei 2001, terjadi bencana  yang hampir identik. 

Dua tim paling menonjol di Ghana — Accra Hearts dan Asante Kotoko — berkumpul untuk pertandingan di Stadion Olahraga Accra yang akan menjadi bencana olahraga paling mematikan dalam sejarah Afrika.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Si Jago Merah Mengamuk di Galangan Kapal Gandus

Karena sifat persaingan yang memanas, keamanan ekstra telah diperintahkan, dan masalah telah  diantisipasi. Ketika pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 Accra Hearts. 

Sebuah penyerbuan besar-besaran dari 40.000 penggemar bergegas keluar dari stadion, menghasilkan koridor yang penuh sesak; pada saat massa telah dibersihkan, 127 terbaring tewas. 

Sebagian besar karena sesak napas. Abdul Mohammed, seorang mekanik berusia 35 tahun yang berada di permainan, diinjak-injak dan diletakkan di samping mereka yang dianggap mati. Dia ingat bangun dengan napas tajam sebelum diseret ke kamar mayat.

3. Bencana Hillsborough

Kerumunan orang menonton seorang pria melakukan aksi di papan tanda 15 April 1989, akan selamanya dikenang oleh para penggemar sepak bola Inggris sebagai pertandingan paling mematikan dalam sejarah  Eropa — dan sebagian besar pihak yang harus disalahkan adalah pasukan polisi yang tidak berpengalaman. 

Pertandingan — semifinal Asosiasi Sepak Bola antara Liverpool dan Nottingham Forest — sangat dinanti. Sesuai kebiasaan, tempat netral dipilih (Stadion Hillsborough, di Sheffield, Inggris); penggemar lawan dipisahkan, dengan penggemar Liverpool ditempatkan di tribun "Leppings Lane".

Jumlah penggemar Liverpool yang tinggi sehubungan dengan terbatasnya akses masuk ke Leppings Lane (hanya ada tujuh pintu putar) menyebabkan kepadatan yang parah di luar venue. 

Untuk meredakan kerumunan, David Duckenfield — Kepala Inspektur, dan petugas polisi yang bertugas mengawasi pertandingan — membuka gerbang keluar yang menuju ke dua kandang yang sudah penuh sesak.

Hampir 3.000 penggemar yang bersemangat masuk melalui gerbang — hampir dua kali lipat kapasitas aman — menghancurkan yang sudah ada di dalam bagian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: