Air Terjun Duo Beradeng, Empat Lawang, Segarnya Bikin Fresh

Air Terjun Duo Beradeng, Empat Lawang, Segarnya Bikin Fresh

Air Terjun Duo Beradeng yang berada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang.-Hendro-

AIR TERJUN Duo Beradeng jadi distinasi wisata baru di Kabupaten Empat Lawang. Lokasinya berada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang.

Namun untuk menikmati segarnya air terjun ini, wisatawan harus rela berjalan kaki dua sampai tiga jam. Melewati bukit-bukit dan perkebunan kopi milik warga.

Pemuda Desa Sawah, Riki Abdiansyah, menjelaskan, untuk menikmati pemandangan Cughop (Air Terjun) Duo Beradeng atau Air Terjun Dua Beradik, pengujung harus melewati perkebunan kopi warga, yang menyajikan pemandangan alam nan menarik.

"Ide nama Duo Beradeng atau Dua Bersaudara ini sesuai dengan keindahan dari air terjun. Karena ada dua air terjun yang mengalir, satu besar dan satunya lagi kecil. Makanya dinamakan Dua Bersaudara. Ada kakak (air terjun besar) dan adik (air terjun kecil) disebelahnya," kata Riki.

BACA JUGA: Weekend Datang Lagi, Tempat Wisata di Lahat, Dijamin Bikin Fresh

Riki yang juga sebagai Ketua Laskar Penjelajah Alam Desa Sawah mengaku air terjun yang berada di kawasan hutan Bukit Barisan ini belum banyak dikunjungi.

Salah satu faktornya, jarak tempuh yang lumayan jauh dan akses jalan. Lokasinya juga sudah batasan dengan Kabupaten Lahat. 

Air terjun ini ternyata tidak berjauhan dengan Air Terjun Tematang Asmara dan Air Terjun Luang Rindu hanya berjarak sepuluh menit perjalanan. 

"Untuk akses menuju kesana membutuhkan waktu berjalan kaki sekitar dua hingga tiga jam tergantung kondisi fisik dan cuaca bahkan bisa lebih dari itu," jelasnya.

BACA JUGA:Empat Objek Wisata Air Terjun di Kabupaten Muara Enim

Kadis Pariwisata Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi mengatakan, objek wisata air terjun memang banyak di empat Lawang. Namun lokasi yang jauh sehingga jarang dikunjungi wisatawan.

"Kami saat ini terus mengembangkan objek wisata dibeberapa lokasi yang ada di Desa Sawah yakni Air Terjun Degian dan kedepan objek wisata lainnya," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: