Porkab III Ogan Ilir Resmi Digelar, Bupati Panca: Junjung Tinggi Sportifitas

Porkab III Ogan Ilir Resmi Digelar, Bupati Panca: Junjung Tinggi Sportifitas

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, di dampingi unsur Forkopimda Ogan Ilir usai memencet tombol sebagai tanda resmi dimulainya Porkab III Ogan Ilir yang dipusatkan di Stadion Caram Seguguk KPT Tanjung Senai. Foto : Hetty/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, resmi membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Ogan Ilir. Acara tersebut dipusatkan di Stadion Caram Seguguk KPT Tanjung Senai, Kamis  22 September 2022 sore.

Dalam kesempatan tersebut, Panca mengatakan, sesuai jadwal pelaksanaan Porkab III Ogan Ilir akan berlangsung selama satu pekan yang dimulai dari 22 September 2022 hingga 29 September 2022.

"Melalui Porkab III ini, kita ingin mendapatkan atlet-atlet yang mumpuni dan bisa mengharumkan nama Ogan Ilir di Porprov tahun depan di Lahat," ungkapnya.

Panca juga menyebut, bahwa untuk masuk ke level atas di ajang Porprov tidak bisa secara instant melainkan harus berproses. Dan untuk Ogan Ilir, dirinya memastikan tidak akan meminjam atlet dari luar.

BACA JUGA:Ribuan Atlet Bakal Perebutkan 310 Medali di Ajang Porkab III Ogan Ilir

"Percuma menjadi juara tapi atlet yang bertanding itu bukan asli dari Ogan Ilir. Tidak apa di level rendah, yang terpenting semua itu putra putri terbaik asli Ogan Ilir," tegasnya.

Untuk itu, Panca menginstruksikan, kepada seluruh kepala sekolah dari tingkat SD hingga SMP supaya mengaktifkan ekstrakurikuler bidang olahraga. Kemudian, untuk Pemerintah Desa supaya menyiapkan pos anggaran untuk pembinaan olahraga di desa masing-masing.

"Dengan pembinaan yang baik sejak dini, insyaallah dalam kurun waktu lima hingga sepuluh tahun kita akan bisa berada di level atas," harapnya.

Terkait pelaksanaan Porkab III, Panca berpesan kepada seluruh atlet supaya menjunjung tinggi sportifitas, dan menampilkan seluruh kemampuan terbaiknya.

BACA JUGA:Jelang PORKAB III, KONI Ogan Ilir Gelar PORCAM

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Ogan Ilir, Aswan Mufti mengatakan, Porkab III ini diikuti 2000-an atlet ini untuk memperebutkan 310 medali yang terdiri dari 80 medali emas, 80 medali perak, dan 150 medali perunggu.

Adapun 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni, Sepakbola, Bola Volly, Basket, Bulutangkis, Karate, Silat, Taekwondo, Bilyard, Tenis Meja, dan Futsal. 

"Porkab III ini memang kita kemas secara berbeda. Karena sebelumnya kita menyelenggarakan Porcam di 16 kecamatan se-Ogan Ilir," katanya.

Acara pembukaan Porkab III Ogan Ilir di Stadion Caram Seguguk KPT Tanjung Senai, hari ini, berlangsung meriah. Karena, terdapat penampilan 200 penari dari siswa siswi SMPN 1 Indralaya. Kemudian, paduan suara dari SMPN 1 Rantau Alai, dan penampilan marching band dari SMPN 1 Indralaya.(*)

Sumber: