Mangkuk Ayam Jago, Tampilan Spesial Google Doodle

Mangkuk Ayam Jago, Tampilan Spesial Google Doodle

tampilan google noodle hari ini, Mangkuk Ayam Jago,-foto:doksumeksco-

SUMEKS, CO- SIAPA yang tak pernah melihat mangkuk dengan gambar ayam jago. Apalagi pencinta bakso dan soto pasti akrab. Karena biasanya abang penjual menggunakan mangkuk ayam jago dalam penyajiannya.

Nah hari special sekali,  khususnya bagi netizen Asia dan ASEAN ya!. Pasalnya, Google Doodle hari ini memunculkan Mangkuk Ayam Jago.  Dan luar biasanya lagi, desain Mangkuk Ayam Jago ini diprediksi telah berusia 500 tahun.

"Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik," tulis Google di halaman resminya. Goole memberikan  informasi jika mangkok ayam dimunculkan itu desain peralatan makan tradisional ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang.

Makna tersirat dari gambar ayam jago melambangkan kerja keras sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Disebutkan juga kalau peralatan dapur cukup tahan banting alias tidak mudah pecah. Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

Awal tahun 1957, Pengusaha lokal Lampang, Thailand juga pertama kali mendapatkan mangkuk ayam jago ini diimpor dari Tiongkok. Pengusaha local membuat mangkuk ayam jago dengan teknik gambar tangan.

Berkembang  pesat dan menjadi populer dan wajib dimiliki di setiap dapur,  akhirnya pengusaha Lampang Thailand memproduksi secara massal peralatan makan berupa cawan dengan desain ayam jantan. Sayangnya, hingga kini tinggal sedikit saja, pengusaha yang mampu  mendesain mangkuk ayam sesuai dengan gaya dan bahan tradisional seperti mangkuk awal dibuat dengan tulisan tangan.

Dari berbagai sumber, mangkuk ayam jago ini ada di kisaran awal abad 20. Mula sejarah mangkuk ayam jago di Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Kaisar ini begitu mencintai permaisurinya. Sehingga dia meminta kepada pengrajin keramik terkenal untuk dibuatkan mangkuk  motif ayam jago, ayam betina dan anak ayam.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: