6 Wasit Liga 1 2022/2023 Disanksi, Berikut ini Kesalahannya

6 Wasit Liga 1 2022/2023 Disanksi, Berikut ini Kesalahannya

Kinerja wasit disorot --

Pada laga pekan keenam Liga 1 2022-2023, Dwi Susilo gagal menerapkan pasal 12 ketika terjadi pelanggaran pada pertandingan Persis Solo melawan Madura United.

Saat terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain Madura United kepada penggawa Persis Solo, ia tidak menghentikan pertandingan sementara.

BACA JUGA:Besok Pagi Makam Dibongkar, Penyidik BAP Soimah di Kantor Pengacara

Keputusan ini membuat pemain Persis justru melakukan pembalasan dengan menendang kepala pemain Madura United ketika keduanya dalam kondisi sama-sama terjatuh.

Seusai kejadian, Dwi Susilo tak memberikan hukuman disiplin apa pun, padahal layak dikartu merah. Artinya, wasit gagal memberikan jaminan keselamatan kepada pemain.

Akibat keputusannya tersebut, ia mendapat sanksi pembinaan berupa bebas tugas selama delapan pekan dan baru bisa ditugaskan pada pekan ke-15 Liga 1 2022-2023.

3. David Son Sansube

David Son Sansube yang menjadi wasit utama pada laga Persib Bandung vs Rans Nusantara FC di pekan kedelapan Liga 1 2022-2023 dianggap lalai menerapkan Laws of the Game.

Semestinya, Persib tak layak mendapat penalti saat Rachmat Irianto terjatuh di area kotak penalti. Keputusan yang dianggap keliru tersebut akhirnya mempengaruhi hasil laga.

Atas dasar itu, Komite Wasit memberikan hukuman berupa sanksi bebas tugas kepada David Son Sansube selama delapan pekan dan baru bisa bertugas pada pekan ke-17.

4. Nendi Roehandi

Nendi Roehandi yang jadi asisten wasit tambahan dianggal lalai menerapkan Laws of the Game di laga pekan kelima Liga 1 2022-2023 saat Rans Nusantara FC vs Persija.

Dia seharusnya memberikan pelanggaran dan kartu merah langsung ke kiper Persija dan memberi penalti untuk Rans Nusantara FC karena terjadi insiden very-very dangerous play.

Akibat keputusannya itu, Nendi Roeandi mendapat sanksi bebas tugas dari Komite Wasit selama delapan pekan. Dia baru bisa kembali bertugas pada pekan ke-14 Liga 1 2022-2023.

BACA JUGA:Dampak Harga BBM Naik, Ongkos Angkot di Palembang Ikut Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: