6 Wasit Liga 1 2022/2023 Disanksi, Berikut ini Kesalahannya

6 Wasit Liga 1 2022/2023 Disanksi, Berikut ini Kesalahannya

Kinerja wasit disorot --

SUMEKS.CO, Lagi,Komite Wasit (Komwas) PSSI memberikan sanksi ke sejumlah perangkat pertandingan di Liga 1 2022-2023.

Menurut informasi terdapat enam perangkat pertandingan yang meliputi wasit, asisten wasit, dan asisten wasit tambahan (additional assistant referee) yang dijatuhi hukuman berat.

Mengapa? Mereka dinilai gagal bertugas dengan baik, sebab mengambil keputusan kontroversial pada pekan kelima hingga kedelapan Liga 1 2022-2023.

Dari keenam nama itu, tiga di antaranya merupakan wasit utama. Mereka adalah Faulur Rosy, Dwi Susilo, dan David Son Sansube.

Lalu, dua nama berikutnya merupakan asisten wasit tambahan, yakni Nendi Roehandi serta Ruslan Waly. Sedangkan satu sisanya adalah asisten wasit, yaitu Ruslan Waly.

BACA JUGA:Dewan Pers Dipolisikan Teuku Yudhistira, Dituduh Terima Gratifikasi Tim Ferdy Sambo, Ini Bantahannya

 Di laman  Skor.id  menjelaskan soal sanksi  terhadap perangkat pertadingan yang diputuskan oleh Komwas PSSI:

1. Faulur Rosy (Wasit Utama)

Wasit Utama bernama Faulur Rosy dianggap mengambil keputusan yang keliru saat memimpin pertandingan pekan kelima Liga 1 2022-2023 antara Rans Nusantara FC vs Persija Jakarta.

Menurut Komwas PSSI, ia lalai dalam menerapkan pasal 12 saat memberikan kartu kuning kepada pemain Rans Nusantara FC yang sengaja menyikut pemain Persija.

Padahal, pelanggaran semacam ini seharusnya mendapatkan hukuman kartu merah langsung lantaran dianggap sebagai aksi berbahaya alias very very dangerous play.

Aksi berbahaya semacam itu juga membuktikan bahwa Faulur Rosy gagal memberikan jaminan keselamatan kepada pemain.

Karena keputusan ini, ia mendapat hukuman pembinaan selama delapan pekan dan baru bisa bertugas pada pekan ke-15 Liga 1 2022-2023.

2. Dwi Susilo (Wasit Utama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: