Fakultas Ilmu Komputer Selenggarakan Pendampingan Pembuatan Buku Elektronik Berbasis Flipbook

Fakultas Ilmu Komputer Selenggarakan Pendampingan Pembuatan Buku Elektronik Berbasis Flipbook

--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Sriwijaya (UNSRI) berkontribusi membantu pendampingan Guru-guru sekolah penggerak, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan yang tersebut mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang tidak pernah menggunakan E-book berbasis flipbook maker untuk proses pembelajaran serta belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan E-book menggunakan flipbook maker. Sedangkan, disisi lain semua guru telah memiliki laptop secara pribadi.

“Ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi dan merupakan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) untuk memberikan alternatif solusi pembuatan  E-Book berbasis Flipbook” Ujar Jaidan Jauhari, M.T, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sumeks, Selasa (09/08/2022).

Menurut Jaidan, Guru disekolah penggerak harus memiliki kompetensi dalam pembuatan E-Book  untuk menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif lagi.

Guru penggerak harus dapat belajar hal baru sehingga dapat memanfaatkannya dengan baik dalam proses pembelajaran dan dapat dijadikan acuan bagi guru disekolah non-penggerak.

“Untuk menjembati hal ini, tim pengabdian dari Fasilkom Unsri bersama Guru-guru penggerak mengadakan Pendampingan Pembuatan Buku Elektronik Berbasis Flipbook Sebagai Inovasi Bahan Ajar Bagi Guru-Guru Sekolah Penggerak Kabupaten Banyuasin melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM)” jelasnya.

BACA JUGA:ASN Makin Cakap Digital - Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Lingkungan ASN BKN

 

Pengabdian Pada Masyarakat FASILKOM UNSRI ini dihadiri oleh 22 peserta. Jumlah ini melebihi jumlah maksimal dari target yang rancang yaitu 15 peserta.

Pemberian materi disampaikan oleh Prof. Dr. Ida Sriyanti, S.Pd., M.Si, Jaidan Jauhari, M.T dan secara bergantian yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh beberapa orang mahasiswa dari FKIP dan Fasilkom Universitas Sriwijaya, salah satunya Rafli Fandu Ramadhani.

Materi yang diberikan kepada peserta dimulai dengan pengetahuan teori-teori E-Book, Macam-macam E-Book, Software E-Book, dan langkap-langkah pembuatan Flipbook E-Book menggunakan Flip PDF Corporate Edition Version 2.4.10.3. Dalam kesempatan ini, diperkenalkan tentang bagaimana cara menggunakan Flip PDF Corporate Edition Version 2.4.10.3 mulai dari instalasi aplikasi, cara memasukan video, gambar, teks, audio dan sebagainya, agar dihasilkan buku elektronik yang inovatif. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk membuat buku elektronik versi terbaiknya.

 

Kepala Sekolah SMAN 1 SEMBAWA, Ria Wilastri saat pembukaan program PPM ini menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara bekelanjutan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: