Kantor Camat ini Punya Galeri UMKM

Kantor Camat ini Punya Galeri UMKM

Wawako Fitrianti Agustinda meninjau galeri Kantor Camat Sako, Selasa 30 Agustus 2022. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda memberi apresiasi untuk Camat Sako Kota Palembang, Amiruddin Sandy atas inisiatifnya membuat galeri UMKM pertama di Kecamatan Kota Palembang.

"Saya terkejut dan bangga ketika masuk di Kantor Camat Sako terlihat Galeri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sako, yang mana sepertinya ini inovasi baru pertama kalinya di Kecamatan Kota Palembang atas inisiatif Camat Sako, Amiruddin," kata Fitrianti Agustinda kepada SUMEKS.CO, di Kantor Camat Sako Palembang, Selasa 30 Agustus 2022.

Fitrianti Agustinda menjelaskan, inisiatif yang dilakukan Camat Sako tersebut dapat menjadi contoh baik untuk kecamatan lain, terlebih Camat Sako memberi kesempatan untuk pelaku UMKM di wilayahnya untuk membuka stand atau berjualan di Kantor Camat Sako tanpa dipungut biaya.

"Jadi hasil yang diterima pelaku UMKM dapat langsung diterima tanpa membayar sewa. Saya harap Kecamatan lainnya di Kota Palembang dapat meniru inovasi semacam ini atau bahkan menciptakan inovasi lainnya atas inisiatif Camat," tutupnya.

BACA JUGA:SMB IV Ajak UMKM Bersatu

Sementara itu, Camat Sako Kota Palembang Amiruddin Sandy menuturkan Galeri UMKM Kecamatan Sako awal dibentuknya sejak Juni 2022 bermula dari kepedulian UMKM di Kecamatan Sako.

"Pada tahun 2021 jumlah UMKM di Kecamatan Sako meningkat dari 2600 dari tahun 2020 hanya sekitar 1000. Melihat UMKM yang bertambah di masa pandemi, jadi kami ingin memberdayakan masyarakat dengan memberikan ruang untuk mereka promosi dan berjualan hasil produk UMKM mereka secara gratis," tuturnya.

Lanjut Amiruddin Sandy, UMKM yang turut tergabung di Galeri UMKM Kecamatan Sako yakni pelaku usaha kuliner hingga barang jadi berupa konveksi atau suvenir.

"Sekarang terdapat lebih dari 100 item yang telah dipromosikan untuk dijual di galeri, total stand UMKM yang terdaftar 37, mereka buka setiap hari pada jam kerja, bahkan mereka kami berikan pelatihan untuk UMKM, dan Alhamdulillah saya pantau setiap hari masyarakat ramai mengunjungi," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: