3.722 Jemaah Haji Sumsel dan Babel Pulang, Kloter Delapan Raih Penghargaan

3.722  Jemaah Haji Sumsel dan Babel Pulang, Kloter Delapan Raih Penghargaan

foto: ilustrasi.--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Rombongan jemaah haji Debarkasi Palembang secara keseluruhan telah selesai melaksanakan ibadah haji. Hal tersebut ditandai dengan masuknya kelompok terbang (kloter) terakhir --sembilan -- di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sabtu (13/08).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel Syafitri Irwan,  mengatakan Debarkasi Haji Palembang telah memberangkatkan 9 Kloter dengan jumlah jamaah sebanyak 3.722 berasal dari Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung.

"Kloter terakhir debarkasi Palembang, membawa 123 jemaah haji asal Kabupaten OKU Selatan dan Kota Palembang," ungkapnya, Sabtu, (13/8).

Dari 3.722 jama'ah haji yang berangkat lanjutnya, satu jama'ah asal Babel wafat di Madinah, dan 1 jemaah Sumsel pulang lebih awal (Tanazul) melalui Jakarta. Jadi jamaah yang kembali melalui debarkasi Palembang berjumlah 3.720 orang.

"Dari kloter pertama hingga kloter terakhir hasil pemeriksaan swab seluruh jamaah dinyatakan 100 persen negatif," bebernya.

Selain itu, kloter delapan asal Kabupaten Banyuasin dan Lahat, mendapatkan penghargaan sebagai kloter paling disiplin selama di tanah suci.

"Alhamdulillah kita dapat penghargaan juga," tandasnya.

Sebelumnya, diketahui sesuai jadwal dari Kanwil Kemenag Sumsel, jemaah kloter terakhir ini tiba pada 12 Agustus kemarin, namun ada revisi jadwal sehingga jemaah asal Kabupaten OKU Selatan ini baru sampai di Bumi Sriwijaya pada 13 Agustus. (edy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: