Tourism Malaysia Medan-Asita Sumsel Kolaborasi Promosi Wisata di Sriwijaya Travel Fair 2022

Tourism Malaysia Medan-Asita Sumsel Kolaborasi Promosi Wisata di Sriwijaya Travel Fair 2022

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (ASPERAPI), resmi menyelenggarakan Sriwijaya Travel Fair (STF) 2022.

Event pameran pariwisata tersebut diadakan selama dua hari dimulai dari tanggal 5 hingga 7 Agustus 2022 mendatang, bertempat di atrium Palembang Trade Centre (PTC) Mall, Jl R Sukamto Palembang.

Adapun pameran wisata ini diikuti oleh sejumlah Badan promosi, Dinas Pariwisata, Hotel, Resort, Kuliner, Travel Agent, Jasa Transportasi dan pemain industri pariwisata lainnya dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Ikut Pameran Produk SMK Sumatera Selatan, Kementan Tampilkan Produk Unggulan SMKPP N Sembawa

Penyelenggaraan STF 2022 ini juga menjadi kegiatan promosi perdana yang diikuti oleh Tourism Malaysia Medan di tahun 2022, setelah berbagai tahapan relaksasi atau kelonggaran prosedur masuk ke Malaysia bagi wisatawan mancanegara.

Dalam paparannya, Yusnita Yuso Deputy Director Tourism Malaysia Medan mengatakan keikut sertaan Tourism Malaysia Medan ini bukan yang pertama kalinya, sebelum Pandemi Covid-19 melanda Tourism Malaysia Medan telah beberapa kali mengikuti pameran wisata terbesar di kota Palembang.

"Ini sebagai bukti komitmen Tourism Malaysia Medan dalam mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata kedua negara," kata Yusnita Yusof dalam paparan yang disampaikan saat opening STF 2022, Jumat (5/8).

BACA JUGA:Sumsel Bakal Jadi Tuan Rumah Pameran Museum se Indonesia

Menurutnya, penyertaan Tourism Malaysia dalam STF 2022 ini sebagai peluang untuk bertemu dengan stakeholders industri pelancongan di Sumsel serta masyarakat Palembang secara langsung, memberikan informasi yang akurat dan terkini mengenai prosedur masuk ke Malaysia dan juga menawarkan destinasi-destinasi menarik Malaysia yang dipromosikan bersama ASITA Palembang.

Didampingi, Marketing Manager TM Medan Harsono Pane, Yusnita Yuso menginformasikan Tourism Malaysia menawarkan paket wisata yang dipromosikan oleh beberapa travel di Palembang, diantaranya 3 hari 2 malam Kuala Lumpur-Genting Highland, 4 hari 3 malam Batam–Johor-Kuala Lumpur, dan 5 hari 4 malam Johor Bahru–Kuala Lumpur.

Dia berharap dengan kegiatan event pameran seperti ini, dapat memberikan kontribusi terhadap jumlah wisatawan mancanegara berlibur di Malaysia, terutama bagi waga Palembang dan Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Herman Deru: Jadikan RSUD Siti Fatimah Tujuan Health Tourism

Lebih jauh dikatakannya,  berdasarkan data statistik wisatawan ke Malaysia mencatat kedatangan 98,053 pada kuartal pertama tahun 2022, Januari-Maret. Dari kedatangan seluruh wisatawan mancanegara pada kuartal pertama tahun 2022 tersebut, sebanyak 6,945 adalah wisatawan dari Indonesia.

"Kehadiran kami juga adalah untuk meyakinkan kepada penduduk Palembang maupun Sumsel bahwa Malaysia adalah destinasi yang aman dan nyaman untuk berlibur bagi semua kalangan, baik mereka yang bepergian seorang diri maupun beramai-ramai dalam rombongan tour. Maka itu, jom pigi Malaysia.. bercutilah di Malaysia,” ujar Yusnita Yusof dengan logat khas Melayunya ini kepada awak media.

Sementara itu, Ketua ASITA Sumsel, Anthon Wahyudi mengatakan sangat menyambut positif atas kehadiran Tourism Malaysia pada perhelatan ini, Anthon optimis dalam waktu dekat akan ada penerbangan langsung dari Palembang ke Malaysia sehingga Sumatera Selatan akan mudah dikunjungi baik oleh pelancong, pebisnis dan lainnya.(Fdl)

Sumber: