Belum Gajian Bulan Ini, ASN dan Honorer di OKI Mengeluh

Belum Gajian Bulan Ini, ASN dan Honorer di OKI Mengeluh

ASN Kabupaten di Kabupaten OKI. Foto : Istimewa--

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan honorer mengeluh belum menerima gaji bulan Agustus ini.

Padahal, seperti biasanya sejumlah ASN di lingkungan Kabupaten OKI setiap tanggal 1 telah menerima gaji. Namun, hingga tanggal 4 Agustus masih juga belum menerima gaji.

"Iya benar sampai hari ini masih belum terima gaji. Biasanya setiap tanggal 1 gaji sudah masuk," kata salah satu ASN organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten OKI, yang tidak mau menyebutkan namanya kepada SUMEKS.CO, Kamis (4/8).

Dia menjelaskan, selain gaji bulan ini yang belum diterima, juga ada tunjangan bulan Juli selama satu bulan yang juga belum diberikan.

BACA JUGA:Pindah Aplikasi, Gaji ASN Terlambat

"Jelas, sangat memberatkan sekali dengan alasan sangat diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk biaya sekolah anak dan lainnya," jelasnya.

Dia berharap, semoga pemerintah Kabupaten OKI mendengarkan keluh kesah ini sehingga gaji dapat segera dicairkan. "Tidak tahu apa penyebabnya apakah kas daerah kosong atau apa. Semoga pemerintah dapat mencari solusinya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten OKI, Ir Munim MM saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya Kamis malam sedang tidak aktif.

Terkait hal tersebut, Lydia Kurniawati ChristyanaKepala Kantor Wilayah DJPB Provinsi Sumsel menjelaskan lantaran terhambatnya penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU).

BACA JUGA:Sebagian OPD Belum Melengkapi Data Tenaga Non ASN

Terlambatnya DAU itu karena terjadi kekeliruan dalam penginputan data salur oleh pemkab OKI. Maka, atas kondisi tersebut telah dilakukan perbaikan dan telah diteruskan kembali ke DJPK Kemenkeu Pusat.

"Untuk saat ini masih menunggu waktu salur berdasarkan rekomendasi untuk rekomendasi sampai dengan salur ke rekening pegawai itu membutuhkan waktu kurang lebih tujuh hari," pungkasnya ketika dihubungi Kamis Malam (04/08/2022.(nis) 

Sumber: