BACA JUGA:Apple Bikin Geger Lagi, iPhone 17 Air Super Tipis Cuma Setebal Pensil!
Brand yang mudah dikenali memiliki elemen visual dan gaya komunikasi yang konsisten di seluruh kanal digital marketing. Logo, palet warna, tipografi, hingga cara penyampaian pesan harus selaras agar menciptakan kesan yang kuat dan dapat diidentifikasi dengan cepat oleh audiens.
Tone of voice yang konsisten juga tak kalah penting. Apakah brand kamu berbicara dengan gaya formal, edukatif, atau santai penuh humor? Gaya ini harus dijaga dalam setiap bentuk komunikasi agar kepribadian brand dapat dirasakan oleh konsumen.
Menyusun pedoman komunikasi digital
Untuk menjaga konsistensi identitas secara berkelanjutan, brand perlu menyusun pedoman komunikasi untuk digital marketing atau brand guideline. Dokumen ini memuat aturan visual, gaya bahasa, dan standar interaksi yang harus digunakan oleh seluruh tim pemasaran, desain, dan customer service.
Pedoman akan bertindak sebagai panduan yang memastikan bahwa setiap konten yang diproduksi, baik postingan Instagram maupun email blast, tetap mencerminkan karakter dan nilai brand.
BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Best Private Bank – Indonesia di Global Private Banking Innovation Awards 2025
BACA JUGA:Nokia 7610 5G: Desain Legendaris Hidup Lagi dengan Sentuhan Teknologi NFC
Metrik untuk Mengukur Keberhasilan Brand Awareness
Dalam digital marketing, semua bentuk exposure bisa dilacak, dianalisis, dan dikonversi menjadi data strategis yang memperlihatkan seberapa jauh dan efektif pesan brand kamu menyebar.
Impression, reach, dan share of voice
Ketiga matrik berikut merupakan dasar untuk memahami seberapa luas brand kamu menjangkau audiens. Impression menunjukkan berapa kali konten brand kamu muncul di layar pengguna. Reach mengacu pada jumlah unik pengguna yang berhasil dijangkau oleh konten tersebut.
Sedangkan, share of voice adalah persentase kehadiran brand kamu dibandingkan kompetitor di saluran digital marketing.
BACA JUGA:Kilang Pertamina Internasional Raih Penghargaan ESG, Tunjukkan Komitmen pada Keberlanjutan
BACA JUGA:Apple Uji Coba Final Cut Pro Versi Mobile untuk iPhone 17 Pro Max, Editor Video Langsung Merapat!
Brand mentions dan direct traffic
Dua metrik ini membantu mengukur efek pengenalan terhadap brand. Dimana brand mentions untuk melacak seberapa sering nama brand disebut di media sosial, blog, forum, atau situs berita. Semakin banyak disebut, semakin tinggi visibilitas tingkat awareness.
Sedangkan, direct traffic digunakan untuk mengindikasikan seberapa cukup audiens mengenal brand hingga dapat mengetik langsung alamat website tanpa menggunakan mesin pencarian.